Senkom Tanjabbar Sampaikan Komitmen Lestarikan Hutan Lindung Gambut di Depan Dirjen BPD Kemendagri




LUGAS | Tanjab Barat
- Senkom (Sentra Komunikasi) Mitra Polri Tanjung Jabung Barat (Tanjabbar) bersama Sanggar Alam Delima (SAD) berkomitmen memanfaatkan dan melestarikan hutan gambut yang ada diperbatasan tiga kecamatan yaitu Tebing Tinggi, Pengabuhan dan Bramitam,  yang mana hutan itu berstatus  Hutan Lindung Gambut (HLG). 

Hal itu disampaikan wakil ketua Sentra Komunikasi  (Senkom) Mitra Polri Tanjab Barat Walidi, didepan Direktur Jenderal Bina Pemerintahan Desa (Dirjen BPD) Kementrian dalam Negeri Dr. Eko Prasyanto Purnomo Putro S.Si, M.Si, M.A., Kamis (04/05/2023), di Gedung Budaya Pertolongan Catur Manunggal, Jl. Cempaka desa Purwodadi kecamatan Tebing Tinggi.

"Langkah yang sudah dilakukan antara lain berusaha mencegah pembalakan liar, patroli Karhutla (kebakaran hutan dan lahan)  serta pendampingan ke kelompok tani yang mengelola hutan dengan sitem Perhutanan Rakyat," ujar Walidi.

Direktur Jenderal Bina Pemerintahan Desa Kementrian dalam Negeri hadir ddesa Purwodadi dalam rangka pelaksanaan monitoring dan evaluasi pasca lomba desa tahun 2023 sekaligus peresmian Desa Pencak Silat.




Terhadap apa yang diungkapkan Walidi, Dirjen Bina Pemerintahan Desa Kemendagri Eko Prasyanto mengungkapan bahwa untuk pengelolaan hutan oleh masyarakat di sekitar hutan memang diperbolehkan dengan program Perhutanan Sosial (PS). Ia mencontohkan di Kalimantan Timur ada desa yang mengelola hutan dengan hanya 2 Ha, perharinya bisa menghasilkan lebih dari dua juta rupiah.

"Ada lagi desa Sri Mulyo di daerah Jogja atau DIY, mereka membuat tempat wisata dan kebetulan di dalam hutan itu juga ada sungai kecilnya, mereka membuat rumah makan di atas  sungai tersebut," ungkap Eko.

Dikatakan Eko, dalam pengelolaan hutan hendaknya melibatkan tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh agama dan lain-lain. "Sehingga terjaga hutannya dan masyarakat bisa mengambil manfaat tanpa merusaknya," tegas Eko.

Kepada media, Walidi mengatakan bahwa penting bagi banyak orang untuk tahu tentang pentingnya menjaga dan melestarikan hutan sebagai warisan anak cucu. Dalam acara tersebut Senkom hadir sebagai tamu undangan, serta mengerahkan anggota untuk membantu pengamanan dan ketertiban jalannya acara bersama TNI, Polri dan Sat Pol PP.


Tidak ada komentar