Kapolres Bantul Safari Curhat Kamtibmas




LUGAS | Bantul, DIY - Polres Bantul gelar Jum'at Curhat bersama tokoh masyarakat, tokoh agama dan organisasi kemasyarakatan bidang Kamtibmas Senkom Mitra Polri, pada Jumat (19/05/2023) di Dusun Bakulan Kulon, Trirenggo, Bantul, Kabupaten Bantul.

Kegiatan Jumat Curhat ini menjadi ajang silaturahmi Kapolres dengan Senkom Mitra Polri dan masyarakat lainnya guna menyampaikan pesan-pesan kamtibmas, disamping juga menerima masukan dan saran dari masyarakat.

Kapolres Bantul AKBP Ihsan, S.I.K hadir didampingi sejumlah pejabat utama Polres Bantul diantaranya Kasat Binmas AKP Estiqomah A.Md.Kep., S.H., M.Psi., Kasi Propam Polres Bantul AKP Heru Suryadi, S.H., M.H., Kasat Intelkam AKP Joko Nugroho, S.H., Kasat Samapta Iptu Maryono, S.H., Kaur Bin Ops (KBO) Satlantas Polres Bantul Iptu Sani Iguh Arifandi.

AKBP Ihsan menyampaikan program satu kali seminggu safari curhat kamtibmas kepada masyarakat dilaksanakan dengan harapan turun ke lapangan bisa menerima informasi, curhat, kritik, saran dan masukan sehingga adanya informasi bisa langsung ditindak lanjuti.

"Yang tahu situasi dilapangan masyarakat," ujar Kapolres.

Melalui kegiatan ini  tujuannya agar informasi langsung didapatkan dari tokoh masyarakat dan senkom  melalui forum Jumat Curhat yang merupakan program unggulan Mabes Polri secara nasional.

Masyarakat dalam forum Jumat Curhat ini dapat menyampaikan saran, keluhan, informasi berbagai hal seperti gangguan kamtibmas terkait miras, curanmor, kejahatan jalanan, pengeroyokan, penipuan online dan lampu penerangan jalan umum.

Kapolres mengungkapkan dengan informasi yang didapat kepolisian akan melakukan koordinasi instansi terkait diantaranya dinas perhubungan untuk masalah lalulintas, dengan dinas bina marga terkait lampu penerangan jalan umum.




Sementara itu Kasat Binmas AKP Estiqomah menyampaikan bahwa jaga kamtibmas menjadi tanggung jawab bersama. Adanya  polisi RW atau polisi yang tinggal di lingkungan masyarakat tingkat RW adalah agar  polisi dekat dengan masyarakat di tingkat RW, guna memperkuat program pemerintah untuk berkoordinasi mendeteksi persoalan penanganan gangguan kamtibmas dan pencegahan persoalan ditingkat Rukun Tetangga/Rukun Warga (RT/RW).

Selanjutnya hasil daripada curhat yang disampaikan oleh masyarakat kepada kepolisian  mengenai tingginya angka  kecelakaan lalulintas di wilayah hukum Polres Bantul, Kasat Binmas bersama Satlantas dan Senkom sepakat dan menekankan agar masyarakat selalu menjadi pelopor tertib berlalulintas.

Kasat Binmas juga mendukung rencana pelatihan peningkatan kapasitas kepada anggota Senkom diantaranya pelatihan pengaturan lalulintas dan penanganan pertama korban kecelakaan.



Ketua Senkom Bantul Edi Suryo Ismoyo menyampaikan ucapan terimakasih kepada Kapolres Bantul beserta jajaran yang telah memberikan pengarahan kepada masyarakat khususnya pengurus Senkom yang hadir sebanyak 50 personil dari 17 kepanewon.

Edi berharap terus terjalin komunikasi yang baik, sinergi dan kolaborasi yang terus ditingkatkan antara Polres Bantul dengan Senkom.



Diakhir acara dilakukan penyerahan secara simbolis bantuan dari Polres Bantul kepada Senkom berupa sejumlah  perlengkapan turjawali.


Laporan: Wisnu

Tidak ada komentar