DKM Al-Ikhlas Bergabung Santuni Anak Yatim




LUGAS | Kota Bekasi - Dalam ajaran agama Islam sangat menganjurkan umatnya untuk menyayangi dan menyantuni anak yatim. Memberikan santunan anak yatim merupakan tindakan yang mulia dan mendatangkan berbagai pahala. Seperti halnya gabungan Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Kayuringin Jaya yang kembali menyantuni anak yatim, bertempat di Masjid Al-Ikhlas Kavling Agraria, RW 26 Kelurahan Kayuringin Jaya, Kecamatan Bekasi Selatan, Kota Bekasi, Jawa Barat, Sabtu (17/6) 2023).

Acara diisi dengan sejumlah kegiatan diantaranya pembacaan ayat suci Alquran, sambutan-sambutan, ceramah dan doa yang dibawakan oleh Ustazd Drs H. Husein Usman, MC Ustadz Fachri Husaini dan santunan.



Anak-anak yatim yang diundang sebanyak 171 anak, semua anak yatim mendapatkan santunan dari donatur yang diserahkan langsung oleh Camat Bekasi Selatan, Lurah Kayuringin Jaya, Ketua DMI kecamatan Bekasi Selatan, Ketua DKM, Ketua RW dan para tokoh yang hadir. 

"Semoga dengan bantuan ini dapat sedikit membantu anak yatim dan semoga pahala yang betlipat ganda kepada hamba hamba Allah yang sudah sodakoh dan berinfaq." Kata H. Irfangi, Kordinator Santunan Anak Yatim.

Seperti kegiatan santunan anak yatim yang dilaksanakan rutin setiap bulan oleh gabungan DKM masjid yang ada di kelurahan Kayuringun Jaya yang hari ini berkembang menjadi 8 DKM dan akan berkembang lagi di bulan berikutnya, yaitu, DKM Masjid Ar-Ridho RW.021, DKM Masjid Al-Anshor RW.022, DKM Masjid Jami Nurul Ihsan RW.025, DKM Masjid Al-Mubarok RW.002, DKM Masjid Jami Nurul Hikmah RW.001 RW.010 dan DKM Masjid Al-Ittihaad - RW.018, DKM Masjid Al-Ikhlas, DKM Masjid At-Taqwa RW 023, DKM masjid Al Muhajirin RW 04.dan DKM Al Muhajirin RW  13.



Ketua DKM Masjid Al-Ikhlas H. Adnan Brawijaya dalam sambutanya menyampaikan rasa syukur dan terimakasih atas terselenggarakanya kegiatan rutin santunan ini. 

"Alhamdulillah atas ridho Allah dan atas ijinnya kegiatan santunan rutin ini bisa berjalan, walaupun tentunya apapun yang disampaikan terkait kegiatan pasti ada pro dan kontra  dan alhamdulillah bis Akita saksikan saat ini semua bisa berjalan dengan baik dan lancar. Kegiatan ini berawal dari kegiatan sosial yang dipelopori seksi sosial RW 21 H. Irfangi dan kawan-kawan, yang awalnya jumlahnya sedikit sekarang berkembang terus, kita harus bersyukur pada Allah SWT dan kedepan InsyaAllah akan terus berkembang, itu harapan kami. Kepada para donatur kami sangat berterimakasih, semoga Allah memberikan lipatan  pahala yang banyak dan barokah," ujar Adnan Brawijaya. 


Camat Bekasi Selatan Karya Sukmajaya yang hadir dalam kegiatan santunan mengapresiasi program santunan rutin kepada anak yatim. Pasalnya, ini merupakan santunan ke anak  kesekian kalinya yang rutin yang disalurkan tepat sasaran yaitu ke Anak Yatim di wilayah kelurahan Kayuringin Jaya. 

"Alhamdulillah saya bisa menyempatkan hadir acara santunan ini, awalnya hanya 1 DKM sekarang sudah 9 DKM, ini program berjalan baik berawal dari seksi sosial H. Irfangi dan DKM-DKM yang ada di lingkup Kayuringin Jaya. Kami pihak kecamatan sangat apresiasi apa yang dilakukan hari ini yaitu memberikan santunan kepada anak-anak yatim. Alhamdulillah dari yang awalnya DKM satu RW sekarang sudah meningkat, bahkan hari ini 171 anak di beri santunan.ini adalah langkah yang sangat baik dan tindakan yang sangat mulia. Sekali lagi kami sangat berterima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya,” tutur Karya Sukmajaya.


Selain bisa menjadi contoh bagi masyarakat di Kelurahan lainnya, kegiatan tersebut juga diharapkan bisa mendorong ekonomi masyarakat.

“Dari Minggu ke Minggu bulan ke bulan yang disantuni bertambah jemaahnya juga bertambah ini menandakan bahwa santunan ini menjadi virus kebaikan untuk disebarkan ke masjid masjid di Kelurahan Kayuringin Jaya khususnya kecamatan Bekasi Selatan,” terang Karya.

Tampak hadir Camat Bekasi Selatan Karya Sukmajaya   kasi kesos Zaenal, Lurah Kayuringin Jaya Ricky Suhendar, Sekretaris Kelurahan Iwan Setiawan dan Yunus staf kelurahan, para tokoh agama dan tokoh masyarakat setempat. Kegitan santunan  anak yatim juga dihadiri Ketua DMI Bekasi Selatan KH Muhammad Sodik, Shohibul Bait kegiatan yaitu Ketua DKM Masjid Al Ikhlas H Adnan Brawijaya, Ketua RW 26 Joko Sriyono dan Ketua RW 17 Arji MS. Dihadiri juga Ketua Forum Komunikasi DKM H Arifin Harahap, Ketua Forum RW H Yoyo Sutaryo, Ketua Seksi Sosial sekaligus kordinator Santunan Anak Yatim H. Irfangi, Ketua MUB H.M.Chaeruddin dan para Ketua RW, Anak-anak yatim dan para pendamping.

Sementara itu, Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) PC Bekasi Selatan KH Muhammad Sodik menjelaskan bahwa menyantuni anak yatim merupakan kewajiban bagi umat Islam sebagaimana diperintahkan oleh Allah dalam Alquran.

”Saya DMI Bekasi Selatan sangat mendukung dan akan menjadikan sebagai percontohan bagi DKM-DKM di Kelurahan lainnya,” jelasnya.

“Kepedulian kepada anak yatim merupakan salah satu kewajiban bagi umat muslim wabilkhusus DKM. Dana-dana di DKM infak dan sedekah disalurkan jangan simpan,” pungkasnya.





Tidak ada komentar