Kapolres Metro Bekasi Kota pimpin Apel Kasatkamling dan Penyerahan Lomba Penghargaan Satkamling 2023


LUGAS | BEKASI - Polres Metro Bekasi Kota menggelar Apel ketua Satuan Keamanan Lingkungan (KASAT KAMLING) dan pemberian penghargaan pemenang lomba SATKAMLING tahun 2023 sebagi upaya melakukan pencegahan gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) menjelang Pemilu 2024 mendatang.

Kapolres Metro Bekasi Kota Kombes Pol Dani Hamdani, S.I.K, M.P.M, memimpin langsung Apel yang dirangkai pemberian penghargaan pemenang lomba SATKAMLING yang dilaksanakan pada pukul 07.30 WIB di halaman Polres Metro Bekasi Kota jalan Pangeran Jayakarta, Medan Satria, Kota Bekasi, Rabu (21/6/2023).

Apel Ketua Siskamling ini diikuti  Para Kabag, Para Kasie, Para Kasubag, Kapolsek  dengan peserta Apel terdiri dari 1 Peleton Gabungan Staff, Peleton Gabungan Binmas Polsek, 1 Peleton Sat Lantas, 1 Peleton Sat Reskrim, 1 Peleton Sat Intel, 1 Peleton Sat Res Narkoba, 1 Peleton Tomas/Toga dan 2 Peleton Linmas.

Dalam kesempatan ini, Kapolres Metro Bekasi Kota Kombes Pol Dani Hamdani, S.I.K, M.P.M, menyampaikan amanat dari Kapolri Jendral Polisi Listyo Sigit Prabowo kepada seluruh peserta apel Satkamling. 

Dalam amanatnya,Kapolri  menyampaikan, apel yang dilaksanakan pada hari ini merupakan salah satu upaya Polri untuk mempercepat revitalisasi Sat Kamling.

Situasi Kamtibmas yang kondusif merupakan salah satu prasyarat utama dalam terselenggaranya pembangunan nasional dan terwujudnya cita-cita leluhur bangsa.

Tentu, dinamika tantangan harus kita hadapi bersama dengan mengedepankan  kolaborasi dan partisipasi aktif masyarakat.

Polri terus mengembangkan potensi masyarakat melalui pengamanan swakarsa sebagai upaya memperkuat sistem keamanan lingkungan. Salah satu bentuk pengamanan swakarsa yang berada di bawah pembinaan Polri adalah Satuan Keamanan Lingkungan (Sat Kamling)

Sat Kamling merupakan garda terdepan di setiap lingkungan RT/RW pada Kelurahan/Desa. Untuk itu kehadirannya di harapkan mampu menjadi early warning terhadap potensi kejahatan dan dapat melakukan tindakan pencegahan secara cepat sebagai bagian dari pemolisihan  yang prediktif.

Solidaritas warga adalah kunci utama kesuksesan penyelenggaraan Sat Kamling. Sat Kamling juga harus senantiasa bersinergi dengan TNI-Polri dan pemangku kepentingan lainnya.

Kehadiran Sat Kamling harus betul-betul bisa menjadi coolling system dilingkungan masing-masing, jangan ada perpecahan karena perbedaan, karena persatuan dan kesatuan bangsa hal utama yang harus dipertahankan serta di jaga bersama.

Berdasarkan data Sat Kamling yang telah divalidasi oleh Korbinmas Baharkam Polri pada awal tahun 2023 menunjukkan, dari total 230.028 Pos Satkamling, hanya 60 % yang aktif atau sebanyak 134.753 Pos Satkamling, sedangkan 95.275 Pos Satkamling dinyatakan tidak aktif.

Oleh karena itu diperlukan peran dari seluruh masyarakat dan stakeholder terkait untuk melakukan revitalisasi Sat Kamling, dengan mengaktifkan serta kembali memberdayakan Sat Kamling. 

Kapolri juga mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada seluruh awak Sat Kamling serta segenap stakeholder terkait lainnya yang telah membantu Polri menjaga ketertiban dan keamanan lingkungan.

Kepada awak Sat Kamling, Kapolri berpesan agar senantiasa berpegang teguh pada nilai, norma, dan Etika pada setiap pelaksanaan tugas.

Pada kegiatan apel bersama ini juga dilaksanakan penyerahan Penghargaan lomba SATKAMLING tahun 2023 oleh Kapolres kepada RW yang menjadi juara.




Tidak ada komentar