Pengurus DMI Kelurahan Kayuringin Jaya Dilantik, Berlangsung Secara Hikmat



LUGAS | Kota Bekasi - Pengurus Dewan Masjid Indonesia (DMI) tingkat kelurahan Kayuringin Jaya Periode 2023–2027 resmi dilantik. Bertempat di ruang serbaguna Kelurahan Keyuringin Jaya, Kecamatan Bekasi Selatan, Kota Bekasi, Jawa Barat, Selasa (20/6/2023). 

Tampak Hadir dalam acara pelantikan, Camat Bekasi Selatan Karya Sukmajaya, Ketua PC DMI Kecamatan Bekasi Selatan KH Muhammad Sodik dan jajaran  pengurus, Lurah Kayuringin Jaya Ricky Suhendar dan jajaran, LPM, BKM, Ketua DMI Kayuringin Jaya sebelumnya yaitu Ustadz Abdullah Husin, Ketua FKRW, Ketua RW, H. Arifin Harahap ketua DMI terpilih dan diwakili H. Irfangi ketua pelaksana harian dan jajaran pengurus, para Ketua DKM dan tokoh masyarakat. 

Dalam sambutannya Camat Bekasi Selatan Karya Sukmajaya menyampaikan bahwa Dewan Masjid Indonesia tingkat Kelurahan ini dibentuk untuk merajut simplikasi koordinasi yang ada bukan sebagai competitor atau oposisi bagi organisasi yang lain karena semua lembaga itu harus bersinergi dengan pemerintah karena tugasnya adalah membangun umat khususnya yang ada di Kayuringin umumnya di Kota Bekasi

“Saya mengucapkan selamat kepada 29 orang pengurus Ranting DMI Kelurahan Kayuringun Jaya, semoga semua ikhlas dan amanah dalam bertugas. Jadi program kedepannya Dewan Masjid Indonesia (DMI) itu bukan hanya memikirkan kran air bocor atau lampu mati saja akan tetapi memikirkan program-program yang berkenaan dengan kemakmuran masjid, mungkin masjid bisa dijadikan tempat diskusi, membangun kemaslahatan umat, program-program kegiatan strategis yang pada dasarnya disesuaikan visi dan misi yang ada," ujarnya.

“Saya berharap forum ini menjadi wadah yang baik agar sinergitas dengan pemerintahan baik vertikal ataupun horizontal akan nyambung," imbuhnya.

Pada akhir sambutannya Karya Sukmajaya mengajak untuk meningkatkan budaya bersih, karena bersih adalah sebagian dari iman, kalau menambah fasilitas, menambah mobil atau tempat sampah itu bisa saja, tetapi masyarakatnya juga tertib dan membiasakan budaya bersih.

Ricky Suhendar Lurah Kayuringin Jaya  juga berpesan agar para pengurus DMI yang hari ini dilantik dapat berkonsolidasi dengan pemerintah serta menjadi penghubung antara ulama dan masyarakat. 

“Semoga DMI Kayuringin Jaya bisa bersinergi dengan pemerintah, sehingga para ulama dan umaro bisa bersinergi kaitannya dengan keagamaan maupun kegiatan masyarakat. Sehingga bisa mensejahterakan umat islam di Kayuringin,” kata Ricky. 

Sementara H. Irfangi yang mewakili Ketua DMI terpilih H. Arifin Harahap, bersama pengurus dan anggotanya mengaku akan semaksimal mungkin memakmurkan masjid di wilayah Kayuringin Jaya. Ia menilai potensi masih bisa digali lebih dalam selain menjadi pusat beribadah umat islam.

“Dewan masjid Indonesia itu kan sebetulnya sejak dulu sudah ada, namun perlu dihidupkan kembali mengingat pentingnya dewan kemasjidan ini untuk konentifitaskan masjid yang satu dengan yang lain. Agar masjid ini nantinya bukan cuma tempat sarana ibadah islam saja tetapi juga bisa sarana ekonomi, pendidikan, sarana sosial, dan sebagainya, dan setelah kegiatan ini kami akan langsung bergerak mendatangi masjid-masjid dalam melakukan pendataan. Apa yang kami lakukan mengacu pada Visi dan Misi DMI Kelurahan Kayuringun Jaya." kata H. Irfangi. 

Visi dan Misi Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kelurahan Kayuringin Jaya. 

Visi :  Mewujudkan silaturahmi ukhuwah islamiyah DKM se-Kayuringin Jaya menuju masyarakat yang berilmu dan bertakwa kepada Allah SWT. 

Misi, Membangun terciptanya persatuan dan kesatuan dan menjaga keharmonisan antar  DKM se-Kelurahan Kayuringin Jaya.
Terwujudnya kerjasama antar Dewan kemakmuran Masjid (DKM) se-Kelurahan Kayuringin Jaya. 
Menyelenggarakan kegiatan keagamaman bersama untuk Syiar Islam. 
Membantu pemerintah (Perangkat Desa dan lurah) dalam hal Hablumminnannas sesuai petunjuk Allah dan Rasulnya. 
Membangun terciptanya hubungan silaturahmi yang baik  Antar DKM se-Kelurahan Kayuringin Jaya. 

Sementara itu HM. Chairuddin Ketua Majelis Umat Beragama (MUB) Kayurungin Jaya saat diminta tanggapanya menyampaikan, ia merasa bangga dan senang dengan pelantikan  DMI Kelurahan Kayuringin Jaya.
Ia menuturkan bahwa baru kali ini pelantikan  DMI  tingkat Kelurahan lewat proses yang benar secara keorganisasian.

" Pemilihan ketua DMI sampai hari ini terjadi pelantikan itu sudah sesuai dengan peraturan keorganisasian. Jadi melaui proses yang berjalan, bukan penunjukan begitu saja," ujarnya. 

Dia berpesan, dengan kepengurusan yang baru ini, ada hal yang perlu diperhatikan adalah masalah  pemuda. Jangan sampai masjid kosong dan isinya hanya orang-orang yang sudah tua. 

" Mari kita mencintai masjid, memakmurkannya, dan menjadikannya sebagai sarana untuk selalu mendekatkan diri kepada Allah SWT. Berikan dan libatkan remaja, pemuda dalam kegiatan masjid, Seseorang yang mencintai sesuatu pasti hatinya akan selalu terpaut pada hal tersebut. Begitu pula kecintaan terhadap masjid. Beginilah sejatinya cinta yang hakiki," Jelas HM. Chairuddin. 

Dalam wawancara dengan Wartawan LUGAS Ketua PC DMI Kecamatan Bekasi Selatan KH Muhammad Sodik menyampaikan rasa terima kasih dan berbahagia dengan kehadiran Camat Bekasi Selatan dan semua Perseta yang tampak bersemangat dalam mengikuti kegiatan pelantikan. 

"Semoga pemerintah bergandengan tangan dengan  DMI dalam program kemasjidan"

Lebih lanjut, KH Muhammad Sodik menyampaikan keinginan supaya para pengurus ikhlas mengurus rumah Allah melalui DMI.

“ Harapanya 29 pengurus yang dilantik ini kompak rukun dan selalu menjaga persaudaraan  dan kebersamaan. Sehingga masjid menurut HM sodik berguna untuk membantu orang banyak dan kemaslahatan umat, termasuk pembentukan mental spiritual umat. Selain daripada itu DMI dapat bekerja sama dengan organisasi keagamaan dan masyarakat di Kota Bekasi untuk “memakmurkan masjid” semoga terwujud dibawah kepengurusan masa bhakti 2023 -2027 ini," Mudah-mudahan ada 30 Masjid di Kayuringun ini bisa kompak dan bersatu dan bisa menjalankan program-program bersama seprti saat ini ada program santunan anak Yatim yang sudah berjalan." Pungkas KH  Muhammad Sodik.


















Tidak ada komentar