Buka Bimtek FKDM, Ini Pesan Kasuban Kesbangpol JT

 



LUGAS | Jatinegara, Jakarta Timur - Suku Badan Kesbangpol Kota Administrasi Jakarta Timur menyelenggarakan Bimbingan Teknis bagi anggota Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) pada Jumat (28/7/2023) di Gedung Perpustakaan dan Arsip, kawasan Rawa Bunga Jatinegara Timur.


Sebagai narasumber Bimtek antara lain Kasdim 0505/JT Letkol Inf Ali Cahyono, S,Kom, M.Tr (Han) dengan materi teknik membuat laporan, serta Ketua FKDM Jakarta Timur Ahmad Firdaus tentang tupoksi FKDM dengan moderator Tobaristani, S.Pd., M.H.


Dalam kesempatan membuka acara Bimbingan Teknis bagi Anggota FKDM se-Jakarta Timur ini Kasuban Kesbangpol Kota Jakarta Timur Handoko Murhestriyarso juga memberikan apresiasi kepada FKDM yang telah berperan aktif dalam amal sosial Bazis.


Khususnya kepada kecamatan Matraman diserahkan piagam perhargaan Bazis karena telah menyelesaikan atau melunasi buku Bazis tahun 2023 lebih awal.


Usai membuka acara bimtek, diserahkan bendera merah putih secara simbolis dalam rangka HUT RI ke-78 oleh Kasuban Kesbangpol didampingi kasubag kewaspadaan Kesbangpol JT Jazuli, Kasdim 0505/JT Letkol Inf Ali Cahyono, Ketua FKDM Jakarta Timur Ahmad Firdaus, korwil FKDM DKI Jakarta Tobaristani. 


Kepada para anggota FKDM Kasuban Kesbangpol Jakarta Timur Handoko Murhestriyarso berpesan agar selalu aktif dalam pengawasan Kamtibmas dilingkungannya, meningkatkan kekompakan dan sinergi, lapor cepat dan berkordinasi dengan instrumen   terkait, serta agar menginformasikan perkembangan Kamtibmas secara berjenjang.


Kondisi Kamtibmas Jakarta Timur selain semakin memanas terakhir dengan tahun politik, juga dengan adanya kasus begal, tawuran, narkoba, miras.


"Saya berharap teman-teman berperan aktif dan berkolaborasi dengan segenap unsur di tengah masyarakat dari camat, lurah, RW, LMK, RT dan seterusnya sesuai tingkatannya," ujar Handoko.


Sementara Kasdim 0505/JT Letkol Inf Ali Cahyono, S,Kom, M.Tr (Han) dalam paparan materinya menekankan agar anggota FKDM meningkatkan kemampuannya membuat laporan dengan memegang prinsip setia, waspada, jujur dan dilaporkan dengan lengkap sesuai kaidah laporan atau infomasi yaitu memuat 5W1H.


Laporan anggota FKDM dikatakan Ali Cahyono harus valid sesuai fakta, karena jadi dasar bagi stakeholder dalam membuat kebijakan.


Ketua FKDM Jakarta Timur Ahmad Firdaus juga menekankan perlunya sinergisitas dengan tiga pilar agar laporan FKDM dapat segera ditindaklanjuti dan tercipta kondisi Kamtibmas yang dapat menunjang kehidupan dinamis ditengah masyarakat serta pemerintahan yang stabil di tingkatan masing-masing. 




Tidak ada komentar