Kelurahan Margajaya Bekasi Selatan Gelar Kobar Putaran ke-4 Inovasi Pelayanan Publik


LUGAS | Kota Bekasi - Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi memberikan instruksi kepada setiap kecamatan di wilayahnya untuk memberikan suatu inovasi yang berbeda satu dengan yang lainnya tapi bermanfaat untuk warga Kota Bekasi. 

Kecamatan Bekasi Selatan memutuskan untuk mencanangkan program bertajuk Kongko Bareng (Kobar) dan Pelayanan Publik, di mana sesuai dengan temanya, acara ini ditujukan untuk memudahkan akses warga Bekasi Selatan dengan berbagai layanan publik di Kota Bekasi. Kegiatan Kongkow bareng (Kobar) dilaksanakan di Alun-alun M Hasibuan RW 04 Kelurahan Margajaya, Kecamatan Bekasi Selatan, Kota Bekasi, Jawa BaratBarat,  Rabu (26/7/2023). 

Tampak hadir dalam acara kongkow bareng dan pelayanan publik dalam 1 hari, DR. H. Tri Adhianto Tjahyono, SE., MM Plt. Walikota Bekasi,  Robert Maratua kepala dinas perdagangan dan perindustrian Kota Bekasi, 
Karya Sukmajaya, S.AP., M.Si Camat Bekasi Selatan dan jajaran, H.M.Sodik Wakil Ketua DMI PD Kota Bekasi/Ketua DMI PC Bekasi Selatan, kompol Jupriono, S.H., MM Kapolsek Bekasi Selatan dan jajaran,
Ketua MUI Bekasi Selatan KH.Drs.Harmain Mugni, Ketua MUB Bekasi Selatan 
KH.Drs.Ombon Machfud, FKUB, Para Lurah se-Kecamatan Bekasi Selatan, Babinsa, Satpol PP, Para Ketua RW, Ketua FK RW,  RT se-Kelurahan Margajaya, Ormas SKNB, Pokdarkamtibmas Bhayangkara, Forkabi,  Pemuda Pancasila para tokoh masyarakat, tokoh agama dan warga Pekayon Jaya.

Zaenal Abidin , Kasie  Kesos Kecamatan Bekasi selatanan  menyampaikan, Kongkow bareng dan pelayanan sehari sekaligus dibuka gerai pelayanam merupakan wujud inovasi kecamatan Bekasi Selatan dalam melayani warga. 

"Kegiatan Kongkow Bareng ini  yang ke-4 dan bertujuan untuk  memudahkan pelayanan warga, selain itu warga bisa menyampaikan keluhan kritik dan saran langsung kepada Plt. Wali Kota Bekasi," ujar Zaenal. 

Lurah Margajaya Achyar Adrian menjelaskan bahwa Kegiatan Kongkow Bareng, masyarakat langsung bertemu dengan Plt. Wali Kota Bekasi Tri Adhianto menceritakan keluh kesah dilingkungannya. Selain itu 
 ada berbagai pelayanan yang dilakukan dalam satu tempat dimana ini merupakan sebuah inovasi pelayanan dari Kecamatan Bekasi Selatan yang bertempat di Alun-alun RW 04 Kelurahan Margajaya. 

Dalam acara tersebut, Kecamatan Bekasi Selatan menghadirkan 49 layanan masyarakat dari yang sebelumnua hanua 32 layanan, dan menghadirkan bazaar UMKM setempat.

Menurut Karya Sukmajaya Camat Bekasi Selatan, Kongko Bareng ini merupakan inovasi daerah yang idenya dari para perangkat daerah dan ini untuk Kecamatan Bekasi Selatan.

"Program Ini sudah kita launching beberapa bulan yang lalu, pada saat beliau (Plt Wali Kota Bekasi Tri Adhianto) ada kegiatan di Kecamatan Bekasi Selatan. Pada hari ini action-nya. Bulan depan di kelurahan Kayu ringin, bulan depannya lagi pindah ke kelurahan lain sampai nanti pas di semua lima kelurahan,” ujar Karya kepada LUGAS. 

Camat Bekasi Selatan itu melanjutkan, ia menyadari betul bagaimana mereka bekerja untuk melayani masyarakat sehingga rasanya tepat bila layanan tersebut dapat diupayakan agar semakin didekatkan kepada warga. Pada acara Kobar ke-4 ini, pihak kecamatan menghadirkan layanan publik seperti:

1.UPTD Puskesmas 
    Margajaya 
2.Disdukcapil
3.Samsat kota Bekasi 
4.UPTD Pajak Retribusi
5.Rumah Sakit Hermina
    Margajaya
6.PJS Kesehatan
7.BPJS Ketenagakerjaan 
8.Dinas Koperasi dan
    UMKM
9.KPP Pratama
10.Klinik Parahita
11.UPTD PLKB
12.Dinas Tenaga Kerja
13.Bank BJB
14.Polres Metro Bekasi
15.Pegadaian
16.Klinik Nayaka Husada 
      Margajaya
17.PT.Melia Sehat 
      Sejahtera

"Harapan kita (dengan Kobar) lebih dengan masyarakat, karena ini bukan masyarakat yang datang ke kecamatan tapi kita turun langsung ke masyarakat sehingga interaksi kita semakin dekat, kita semakin akrab dengan masyarakat, silaturahmi terbangun, pelayanan terlaksana dengan baik, dan masyarakat bahagia,” jelas Karya.
Sementara itu Tri Adhianto Tjahyono,Plt.Wali Kota Bekasi, menyampaikan, Kegiatan ini dilaksanakan salah satu bentuk kolaborasi antar instansi untuk memberikan pelayanan langsung kepada masyarakat.

"Kegiatan ini sangat baik, Kolaborasi antar instansi untuk pelayanan kepada warga, apabila ada banyak saran dan masukan yang belum terjawab nanti akan disampaikan, dan bisa menyampaikan kembali melalui akun media sosial instagram@mastriadhianto,
Semoga program ini bermanfaat dan diikuti kecamatan lain, sehingga masyarakat tahu kegiatan apa saja yang dilakukan kecamatan,” katanya.

Tri Adhianto juga menghampiri dan menyapa di stand-stand pelayanan dengan didampingi Camat dan Lurah se-Bekasi Selatan.

Acara Kongkow Bareng (Kobar) tampak meriah dengan dihibur para remaja dan pelajar yang menampilkan berbagi hiburan, seperti Pentas Seni Marawis SDN Margajaya I, Pentas Seni Tari Tradisional SDN Margajaya ll, Pencak Silat dan Drama SD An-najah,  Pentas Seni Tari Lenggang Betawi SMPN 51 Kota Bekasi, Pentas Seni Marawis RW 04 Margajaya,  Pentas Seni Karang Taruna Margajaya, Pentas seni Tari Ondel-ondel RT 03/04, Organ Tunggal Karang Taruna Margajaya.








Tidak ada komentar