Plt. Wali Kota Bekasi Hadiri Santunan Yatim Gabungan DKM se-Kayuringin Jaya




LUGAS |  Kota Bekasi - Dalam ajaran agama Islam sangat menganjurkan umatnya untuk menyayangi dan menyantuni anak yatim. Memberikan santunan kepada anak yatim merupakan tindakan mulia dan mendatangkan berbagai pahala. Seperti halnya gabungan Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Kayuringin Jaya yang kembali menyantuni anak yatim, bertempat di Masjid Al Muhajirin, Menara Air, Perumnas 1 Kayuringin Jaya, Kecamatan Bekasi Selatan, Kota Bekasi, Jawa Barat, Sabtu (22/7/2023). 

Acara dengan MC Ustadz Fachri Husaini, ini diisi sejumlah kegiatan diantaranya pembacaan ayat suci Alquran, sambutan-sambutan, ceramah dan doa yang dibawakan oleh Ustazd Drs H. Husein Usman dan santunan. 

Dalam kegiatan santunan anak yatim di masjid Al Muhajirin, ini dihadiri Plt. Wali Kota Bekasi H. Tri Adhianto Tjahyono, Camat Bekasi Selatan Karya Sukma Jaya, Ketua DMI Bekasi Selatan/wakil ketua DMI Kota Bekasi KH Muhammad Sodik, Lurah Kayuringin Jaya Ricky Suhendar, Ketua FKRW H. Yoyo Sutaryo, penceramah Ustadz H. Husein Usman, Ketua Seksi Sosial RW 21 dan kordinator Santunan H. Irfangi, Bhabinkamtibmas Kayuringin Jaya Aiptu Triyugo Amrih Dumadi, Babinsa Kayuringin Jaya Serka Darjo, Serka Sutrisno dan Serka Abdul Ghafur.

Hadir juga para ketua DKM, antara lain Edi Suprayetno Ketua DKM Masjid Al Muhajirin, H. Muhammad Bakri Hasan Ketua DKM Masjid Ar-Ridho, DKM Masjid Nurul Ihsan,  H. Hermawan Budi Prabowo Ketua DKM Masjid Al-Anshor, H. Kukuh Ketua DKM Masjid Al-Mubarok, H. Barimun Wakil DKM Masjid Nurul Hikmah,  H. Abdul Aziz Lubis Ketua DKM Masjid Al-IJtihaad, H. Adnan Brawijaya Ketua DKM Masjid Al-Ikhlas,  Abdullah  Fahmi Ketua DKM Masjid  At-Taqwa, H. Abdullah Ketua DKM Masjid Al Muhajirin. 


Kegiatan juga dihadiri oleh para ketua RW sekelurahan Kayuringin Jaya antara lain H. Darvin Ketua RW 04,  H. Yoyo  Sutaryo Ketua RW 021 yang juga ketua FKRW, H. Mardani Ketua RW 025, Eka Hagusta Ketua  RW 022, Abdul  Latif  Ketua RW 018, Agus  Irianto Ketua RW 002, H. Pipit Susanto ketua RW 010, Supandi Ketua RW 001, Endiansyah Ketua RW 023, Joko Sriyono Ketua RW 026, Arji MS Ketua RW 017, H. Darvin Ketua RW 004.

"Semoga dengan santunan ini dapat sedikit membantu anak yatim dan semoga pahala yang berlipat ganda kepada hamba-hamba Allah yang sudah sodakoh dan berinfaq. Kegiatan santunan anak yatim yang dilaksanakan rutin setiap bulan oleh gabungan DKM yang ada di kelurahan Kayuringun Jaya,  hari ini Alhamdulillah berkembang menjadi 9 DKM," jelas H. Irfangi, kordinator santunan anak yatim dan dhuafa.


Sementara itu Edi Suprayetno Ketua DKM Masjid Al Muhajirin sekaligus tuan rumah, mengucapkan terimakasih atas terselenggarakanya acara santunan, dirinya juga mengingatkam kembali ayat alquran dalam surat al-ma'un tentang orang-orang yang mendustakan agama.


"Mudah-mudahan kita bukan orang yang mendustakan agama, kita tahu bahwa hari ini kita telah memfasilitasi yang terkait dengan kegiatan anak yatim di lingkungan kita dan tentunya ini akan berlanjut," uajar Edi.


"Kami sangat berterimaksih Masjid Al Muhajirin menjadi tuan rumah acara santunan ini. Saya di sini juga mewakili ketua DMI Kayuringin Jaya Bapak Arifin Harahap yang sedang melaksanakan ibadah haji. Beliau juga mendoakan kita semua. Sekembalinya ke tanah air beliau akan melaksanakan rapat program kerja diantaranya masalah keberlanjutan santunan yatim ini, kemudian ambulan dan pengurusan jenazah, dan lainnya," ucap Edi Suprayetno.




Ketua Forum Komunikasi Rukun Warga (FKRW) H. Yoyo Sutaryo mengatakan bahwa peserta santunan anak yatim 200 orang lebih.

"Kali ini santunan kita yang dilaksanakan pada awal tahun baru 1445 hijriyah, bertepatan dengan bulan Juli 2023. Dengan terlaksananya santunan secara rutin dan kontinyu semoga kedepan semakin lebih baik lagi. Alhamdulillah sekarang meluas menjadi 9 RW yang bergabung," ungkap H. Yoyo Sutaryo.

Lanjutnya, "Alhamdulillah masjid Al Muhajirin ini luas sekali jadi bisa maksimal untuk pelaksanaannya."

"Kami selaku ketua forum RW menghimbau kepada DKM di wilayah masing-masing RW untuk bergabung," ajak H. Yoyo.

Sementara itu H.M Sodik ketua DMI Bekasi Selatan yang juga wakil ketua DMI Kota Bekasi, mengungkapkan bahwa dalam santunan ini baru 9 masjid bergabung.

"Kalau semua masjid di Kayuringin Jaya mengirimkan sepuluh anak yatim, kalau bisa seperti itu akan saya masukkan sebagai program percontohan untuk kelurahan kelurahan lain di sekitar Kayuringin Jaya tentang kekompakan DKMnya memberikan santunan ke anak yatim rutin tiap bulan," ungkap H.M Sodik.

Apa yang telah menjadi kegiatan rutin DKM se-Kayuringin Jaya dan FKRW ini akan ia sampaikan pada tanggal 27 Agustus 2023 yang mana DMI akan mengundang pengurus DKM se-Bekasi Selatan, bertempat di masjid Al Ihsan Pondok Timur.

Dikatakan H.M Sodik saat ini masjid yang sudah didata DMI ada 139, dan 3 mushalla yang baru dikunjungi oleh DMI, dan akan dilibatkan dalam pelaksanaan program pelatihan imam dan khatib, pemulasaraan jenazah, serta silaturahmi Akbar ketua DKM se-Bekasi Selatan.

"Hikmah dari Muharram 1445 hijriyah ini semua DKM dan DMI ada program-program memakmurkan masjid," pungkas H.M Sodik.

Dalam ceramahnya ustad Husein Usman menyampaikan bahwa kehadiran PLT Wali Kota akan menjadikan dorongan semangat bagi masjid-masjid yang lain, betapa pemerintah itu ada di tengah-tengah warga khususnya anak-anak yatim, selain itu bahwa kegiatan-kegiatan Masjid itu perlu perhatian, karena masjid merupakan pilar penguatan akidah.

"Semoga kedepan masjid semakin makmur, salah satunya masjid Al Muhajirin. Mudah-mudahan masjid lain juga seperti di ini," ucapnya.



Pelaksana Tugas (PLT) Wali Kota Bekasi, H. Tri Adhianto Tjahyono mengapresiasi kegiatan santunan anak yatim yang dilaksanakan rutin oleh gabungan DKM Kayuringin Jaya. 

"Sangat mengapresiasi dan berterima kasih kepada para pengurus, para donatur dan semua yang terlibat dalam kegiatan santunan anak yatim rutin ini, artinya di Kayuringin ini atau di Kota Bekasi masih banyak yang memiliki rasa peduli terhadap saudara-saudara kita. Ini kesempatan untuk beramal terlebih pada anak- anak yatim insha Allah pahalanya berlipat ganda, dan dicatat menjadi amal kebaikan," tutup Plt Wall Kota Bekasi Tri Adhianto. 

Tidak ada komentar