Polsek Tebing Tinggi Gandeng TNI, Senkom, SAD Sukseskan Program Penghijauan Kapolri


LUGAS | Tebing Tinggi, Tanjab Barat - Polsek Tebing Tinggi menggandeng TNI Senkom Mitra Polri dan komunitas-komunitas yang tergabung dalam Sanggar Alam Delima (SAD) dalam menjalankan program penghijauan sejak dini. Hal ini selaras dengan program dari Kapolri menanam 100 batang pohon kehutan untuk tiap tingkat Polsek se-Indonesia.

Kegiatan pada Sabtu (19/08/2023) akhir pekan ini diawali dengan apel  di halaman sekretariat SAD, Jalan Kangkung RT008 Desa Delima. Apel dipimpin langsung oleh Kapolsek Tebing Tinggi  Iptu Windy Trias Kumoro, S.H., M.H.

Windy menjelaskan  program dari Kapolri ada dua yaitu kesehatan dan pangan.

"Semua itu dari manusia ke manusia atau dari pemerintah ke masyarakat. Sekarang ditambah program peduli lingkungan dengan program  penghijauan dari manusia kepada alam," terang Windy.


"Kita Indonesia ini termasuk kawasan penghijauan dunia, 70 persen penyumbang oksigen di kawasan Asia tenggara," terang Kapolsek Tebing Tinggi.


"Pemerintah juga mendapatkan kompensasi dari Bank Dunia. Maka pemerintah  menugaskan TNI-Polri dan masyarakat untuk menjaga agar hutan-hutan kita tetap hijau dan lestari. Karena kalau terjadi kebakaran maka pemerintah akan mendapat sanksi dari Bank Dunia," ungkap Windy. 

 


Usai apel bersama, kegiatan kemudian dilanjutkan dengan menanam pohon kehutan di kawasan Hutan Lindung Gambut (HLG) Sungai Bram Itam yang berbatasan dengan kecamatan Tebing Tinggi. 


Beberapa jenis bibit yang ditanam seperti keluweh, jernang, matoa, meranti, jengkol, durian dan nangka.


Disela-sela acara penanaman pohon wakil ketua Senkom Tanjab Barat Walidi menyampaikan kepada awak media bahwa Senkom sebagai Mitra Polri akan selalu konsisten dalam membantu tugas Polri.


"Terlebih lagi dalam kegiatan ini bertempat di area HLG yang sudah kita jaga dan kita lestarikan bersama dengan SAD. Dan kita punya semboyan menanam itu ibadah, merawat itu sedekah, dan memanen itu anugrah," ujar Walidi.


"Alhamdulillah hari ini sudah tertanam 100 batang pohon, semoga bermanfaat baik untuk lingkungan dan menjadi ladang amal ibadah untuk kita dan keluarga," pungkas Walidi.

Acara ditutup dengan ucapan terimakasih dari kapolsek Tebing Tinggi kepada Senkom TNI Polri mahasiswa/wi UIN, Karang Taruna, Linmas dan semua komunitas yang tergabung dalam SAD.  


 Abdullah Muslih

 

Tidak ada komentar