Semarakkan HUT ke-78 RI, RW 13 Pondok Surya Mandala Gelar Pawai Karnaval

LUGAS | Kota Bekasi - Dengan Tagline "Mandala Aman, Mandala Nyaman dan Mandala Bersatu" Sekitar 800an  orang dari berbagai unsur lapisan Masyarakat tumpah ruah memenuhi Jalan dan Lapangan dalam mengikuti pawai Karnaval dengan beragam atribut yang di gelar RW 13 Pondok Surya Mandala, Kelurahan Jakamulya, Kecamatan Bekasi Selatan, Kota Bekasi, Minggu (20/8/2023) sore. 

Karnaval dilepas oleh Dedy Rudyanto Ketua RW 13 Pondok Surya  Mandala, dimulai pukul 16.00 WIB dengan start Halaman Masjid Asy-Syakirin dan Finish di halaman Masjid At Taqwa Perumahan Pondok Surya Mandala. 

Dijelaskan Dedy, kegiatan karnaval ini diikuti sekitar 800an peserta yang terdiri  dari 14 RT di Pondok Surya Mandala. 

“Harapannya kegiatan ini menjadi sarana silaturahmi dan  bisa menumbuhkan sifat kebangsaan dari seluruh warga masyarakat, mencintai tanah air, dan tahu hubungannya dengan wawasan kebangsaan, juga mendidik hubungannya dengan pemahaman dan pengamalan Pancasila dan Undang-undang Dasar 1945,” kata Dedy Rudyanto.

Menurut Dedy , Kegiatan karnaval ini baru dilakukan di Mandala dalam merayakan HUT Kemerdekaan RI, acara ini juga sebagai ajang silaturahmi warga. 

"Melalui kegiatan semoga  terjalin kekompakan antar sesama warga, sehingga jalinan silaturahmi yang selama ini terjalin semakin meningkat," kata Dedy. 
Peserta Karnaval tidak hanya berbusana merah putih, beberapa orang mengenakan kostum unik, seperti kayaknya seorang pejabat pemerintah, pelajar, pejuang dan lainnya. Sorak sorai terdengar menggema memenuhi Perumahan Pondok Surya Mandala, disusil nyanyian lagu - lagu Nasional seperti 17 Agustus hingga Maju tak gentar.

Sementara itu, salah satu panitia karnaval yang juga Master of Ceremony (MC), Fina mengatakan, kegiatan yang diikuti sekitar 800an peserta dengan menampilkan kreasi bebas terutama pakaian dan budaya nusantara. 

"Konsepnya ini karnaval, pakaiannya bebas, boleh profesi atau apapun. Yang penting menarik dan unik," kata Fina.

Masyarakat juga sangat antusias menyaksikan kegiatan itu dengan berdiri di sisi kanan dan kiri jalan sembari bersorak bersama peserta pawai.

Sekretaris RW 13 Pondok Surya Mandala Uun Shobihun, dalam sambutannya mengucapkan terimakasih kepada seluruh peserta karnaval, terimakasih kepada semua ketua RT dan jajaran pengurus, PKK, Posyandu maupun karang taruna dan seluruh warga Pondok Surya Mandala.  

“Tanpa adanya dukungan para ketua RT, para Ibu-ibu PKK, Posyandu, Karang taruna dan semua unsur, serta kraatifitas dan partisipasi seluruh masyarakat , tidak akan terwujud karnaval semeriah ini, karena ini baru sekali ini diadakan, dulu 10an tahun lalu diadakan tapi jauh tidak semeriah ini. Kegiatan ini menjadi Forum silaturahmi warga Pondok Surya Mandala,” ucap Sekretaris RW. 

Diketahui bersama bahwa hari kemerdekaan, yang merupakan moment bersejarah dan moment terpenting bagi Indonesia.
Kemerdekaan Indonesia diperoleh melalui perjalanan panjang dan perjuangan yang keras dari para pahlawan dalam merebut kemerdekaan dari para penjajah. 

"Oleh karena itu bagi para pemuda, para pelajar, isi kemerdekaan ini dengan hal yang bermanfaat, gunakan waktunya untuk hal-hal yang positif, jadilah pelajar yang baik, jadilah pekerja yang baik, dan lakukan profesi apapun dengan ikhlas, sungguh-sungguh dan penuh tanggung jawab," harap Uun.

Khansa, Warga  RT 05 RW 13  sebagai pelajar dirinya senang terlibat dalam acara karnaval.

"Perasaan saya sangat senang dan bangga karena sebagai siswa terlibat dalam acara karnaval dengan menggunakan keberagaman pakaian adat dan memperkenalkan kebudayaan, menurut saya itu menunjukkan bahwasannya masih erat keberagaman yang ada di Indonesia, dan tetap dalam Bhinneka Tunggal Ika," kata Khansa. 

Dengan antusiasnya  masyarakat menyambut dan memeriahkan kegiatan pawai karnaval HUT RI Ke-78 ini, ditambah lagi dengan pembawa acaranya Fina dan Bayu yang terkenal gacor, lucu, ngabolang nggemesin, sehingga acara karnaval ini dapat sukses terlaksana dan akan dilanjutkan dengan pengumuman pemenangnya dalam puncak acara yang akan dilaksanakan di bulan september.











Tidak ada komentar