United Tractors Cabang Medan dan PT Agincourt Resources Lanjutkan Kerja Sama dengan SMKN 2 Batang Toru Tapsel




LUGAS | Tapanuli Selatan - PT United Tractors Tbk (UT) Cabang Medan dan PT Agincourt Resources (PTAR) kembali melanjutkan komitmennya untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia dengan menandatangani nota kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) yang ke-2 dengan SMK Negeri 2 Batang Toru. MoU ini mengatur kerja sama antara UT Cabang Medan, PTAR, dan SMK Negeri 2 Batang Toru untuk meningkatkan kompetensi para siswa/siswi dengan konsentrasi Teknik Alat Berat (TAB).

 


SMK Negeri 2 Batang Toru merupakan Sekolah Binaan UT (SOBAT) yang berlokasi di Tapanuli Selatan tepatnya di Kecamatan Batangtoru. Kerja sama ini dilakukan sebagai bentuk komitmen UT Cabang Medan dan PTAR untuk memberikan kontribusi positif kepada masyarakat di sekitar wilayah operasi Perseroan melalui implementasi aspek Environmental Social, dan Governance (ESG).


Selain melakukan penandatanganan MoU, UT Cabang Medan dan PTAR memberikan bantuan berupa satu unit simulator VR eduverse dan satu unit sound system kepada SMK Negeri 2 Batang Toru. Penyerahan bantuan ini dilakukan secara simbolis oleh Valeryan Putra Adiwinata (Branch Operational Head UT Cabang Medan). Kemudian, PTAR juga menyerahkan satu unit kendaraan ringan dan satu unit forklift kepada SMK Negeri 2 Batang Toru yang dilakukan secara simbolis oleh Rahmat Lubis (General Manager Operation PTAR).

 


Perwakilan Dinas Pendidikan kota Padangsidempuan, Mangatas Siregar, S.Pd, dalam sambutannya mengucapkan terima kasih  kepada UT Cabang Medan dan PTAR atas komitmennya untuk meningkatkan kualitas pendidikan. “Saya mengucapkan terima kasih kepada dua UT dan PTAR untuk senantiasa peduli terhadap pendidikan. Harapannya, MoU ini bisa berjalan sesuai harapan dengan meningkatkan kompetensi para siswa SMK agar siap untuk menghadapi tantangan kedepannya," ujar Mangatas Siregar, S.Pd.

UT Cabang Medan dan PTAR tidak hanya memberikan bantuan kepada SMK Negeri 2 Batang Toru saja, namun juga memberikan bantuan kepada beberapa sekolah lainnya, seperti penyerahan bantuan tiga unit kendaraan ringan kepada SMKN 2 Padangsidimpuan, dua unit kendaraan ringan kepada SMK taruna Padangsidimpuan, satu unit kendaraan ringan kepada SMKS LMC Model Industri, dan dua unit kendaraan ringan kepada SMKN 1 Batang Angkola.

Valeryan Putra Adiwinata dalam sambutannya meyampaikan bahwa, kerja sama ini merupakan inisiatif keberlanjutan perusahaan untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. UT akan terus berupaya secara konsisten untuk memberikan dukungan kepada sekolah-sekolah untuk meningkatkan kompetensi para siswanya khususnya pada jurusan TAB.

“Pada wilayah Sumatera Utara hanya ada dua SMK Jurusan TAB dan salah satunya SMKN 2 Batang Toru. Dengan ini, UT memberikan kesempatan bagi para siswa dan guru berkunjung ke UT Cabang Medan untuk meningkatkan kompetensi. Harapannya  SMK N 2 Batangtoru menjadi sekolah unggulan di Kabupaten Tapanuli Selatan,” ujar Valeryan Putra Adiwinata.



Rangkaian MoU ini dimulai dengan penyambutan tamu diiringi oleh tarian Edeng-endeng  yang merupakan tarian tradisional khas daerah Tapanuli Selatan yang ditampilkan oleh para siswa SMKN 2 Batang Toru. Turut hadir dalam acara ini Alvino Mario Haloho (Administration Department Head), Dedi Hamdani (Service Department Head), Heriyanto (PJO Site Martabe), dan Deni Indriatmoko (ESR Officer UT cabang Medan).

Selain itu kegiatan ini juga dihadiri oleh Erikson BM Sihombing S.Pd, (Kepala sekolah SMK Negeri 2 Batang Toru), serta perwakilan dari sekolah SMK N 1 Batang Angkola, SMKS LMC Model Industri, SMKN 2 Padangsidimpuan, dan SMK Taruna Padangsidempuan.

Melalui kerja sama ini diharapkan dapat memberikan dampak positif yang signifikan dalam menambah kompetensi para siswa khususnya jurusan TAB dan Teknik Mesin. Selain itu, diharapkan dapat menciptakan generasi muda berkualitas yang siap memasuki dunia kerja dan dunia industri, serta memiliki daya saing, tangguh, dan dapat memberikan kontribusi untuk Indonesia di masa yang akan datang.



Tentang PT United Tractors Tbk


PT United Tractors Tbk (UT) merupakan anak perusahaan dari PT Astra International Tbk. UT merupakan distributor alat berat terkemuka dan terbesar di Indonesia, yang juga bergerak di bidang kontraktor penambangan, pertambangan batubara, pertambangan emas dan industri konstruksi. UT juga memperluas dan mengeksplorasi peluang bisnis di sektor energi, salah satunya dengan berpartisipasi dalam proyek pembangkit listrik.


Tidak ada komentar