Pesta Demokrasi Semakin Dekat, GMPK DPC Palembang Gencar Adakan Diskusi Kebangsaan



LUGAS | Palembang - Gerakan Mahasiswa Pelajar Kebangsaan (GMPK) Kota Palembang sukses mengadakan diskusi kebangsaan dengan tema “Peluang dan Tantangan Generasi Muda dalam Menghadapi Pesta Demokrasi” di Utopia Collaboration Space.

Acara Diskusi Kebangsaan tersebut membahas tentang Peranan Pemuda, khususnya pada pesta demokrasi 2024 ini. Diharapkan pemuda dapat berperan aktif dalam kegiatan politik, Jum’at 15/09/2023.

Kesadaran politik merupakan bagian dari upaya demoktrasasi contohnya terselenggaranya pemilu dengan keikutsertaan masyarakat merupakan agenda rutin setiap 5 tahun sekali. Hasil dari pemilu itulah terbentuk nya pemerintahan karena dalam negara demokrasi Pemerintah itu berasal dari rakyat, oleh rakyat dan untuk rakyat.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh perwakilan mahasiswa dari bebagai perguruan tinggi di Palembang, anggota DPRD Palembang Roudhotul Jannah,SE.,M.Si dan ketua KPU Kota Palembang Syawaludin, S.H.I juga hadir sebagai narasumber. Mbak Ara memberikan beberapa tips menjadi politisi kepada para mahasiswa.Ia menceritakan kisahnya sewaktu dirinya mencalonkan diri sebagai Caleg. Saat itu ia dipandang sebelah mata oleh banyak pihak.

“Saya dulu Caleg yang dianggap remeh oleh banyak orang, tetapi dengan tekat dan pantang mundur akhirnya saya bisa menjadi wakil rakyat di kota palembang” tegasnya.

Ketua KPU, Syawaludin, S.H.I juga memberikan motivasi kepada peserta untuk terus berorganisasi dan dapat berdampak di lingkungan sekitar dan juga dia berharap agar pemuda berpartisipasi dan mengambil ancang” untuk peranan mereka dalam demokrasi.

Selain narasumber, Ketua DPC GMPK Palembang, Riki Mufli Pratama juga turut memberikan arahan dan mengucapkan terima kasih kepada antusian peserta untuk menghadiri diskusi kebangsaan tersebut.

Sementara itu, ketua DPD GMPK Sumsel Rama Wijaya, S.H juga memberikan kata pengantar sebelum penyampaian materi. ” Indonesia memiliki peluang yang besar untuk menjadi negara maju karena SDA Indonesia yang melimpah tinggal SDM nya , para pemuda ini bagaimana cara mereka mengolahnya,” ucapnya.

“Sebentar lagi bangsa Indonesia akan menyelanggaran pesta demokrasi lima tahunan, di mana generasi muda cukup berperan di dalamnya, baik sebagai Caleg muda maupun pemilih muda,” tegasnya.
Ia menambahkan, agenda Diskusi Kebangsaan tersebut akan terus berlanjut di seluruh kabupaten kota se Sumatera Selatan.




Tidak ada komentar