Punguan Pomparan Tuan Sihuring Simanjuntak se Jabodetabek Gelar Pengkaderan Raja Parhata



LUGAS | Bogor- Punguan Pomparan Tuan Sihuring Simanjuntak se Jabodetabek melaksanakan pelatihan  Parsinabung dan Protokol melalui simulasi tata cara paradaton pada acara adat perkawinan. Tujuan pelatihan ini untuk membekali Parsinabung dan Parhata pomparan Tuan Sihuring dalam setiap acara adat sukacita dan adat dukacita. 

Selain melaksanakan simulasi juga dilakukan diskusi meliputi tugas Parsinabung dan Protokol. Simulasi diikuti 6 orang Parsinabung dan Protokol serta 20 orang pomparan Tuan Sihuring sebagai undangan.
Kegiatan pelatihan dilaksanakan di Rumah Sekretaris Tuan Sihuring Simanjuntak Sejabodetabek, Leo Simanjuntak/br.Siregar, di Citra Indah City, Jonggol, Kabupaten Bogor pada Kamis 28 September 2023. Sebagai narasumber pelatihan adalah St. Kadim Simanjuntak sebagai Penasihat Punguan Pomparan Tuan Sihuring se Jabodetabek.
Acara pelatihan diawali ibadah singkat dipimpin St.Kemal Simanjuntak dan St. Kadim Simanjuntak, dengan peserta 26 orang terdiri dari penasihat, pengurus, serta utusan dari Pomparan Tuan Sihuring Simanjuntak yaitu Pomparan Raja Pangarisan, Raja Partumpuan, Tuan Nagani, Ompu Salean. 

Tugas Parsinabung dan Parhata bertanggung jawab dalam memimpin dan menyukseskan acara adat sukacita dan duka cita pada suku Batak, sehingga harus memiliki pemahaman yang luas terhadap budaya Batak pada umumnya dan adat istiadat khususnya. 

Ketua Tuan Sihuring Simanjuntak Sejabodetabek, Bernard Simanjuntak, mengatakan pengkaderan bagi Parsinabung dan Protokol dapat dilakukan melalui penyelenggaraan semacam kursus atau pelatihan. Hasil simulasi ini diharapkan bisa  diterapkan pada setiap acara adat Punguan Pomparan Tuan Sihuring Simanjuntak Sejabodetabek.








Tidak ada komentar