Imigrasi Bitung Laksanakan Clearance Kapal Pesiar MV. Carnival Luminosa

 



LUGAS | Bitung - Kantor Imigrasi Kelas II TPI Bitung Laksanakan Clearance pada Kapal Pesiar MV. Carnival Luminosa pada Minggu (08/10/2023).

Kantor Imigrasi Kelas II TPI Bitung melaksanakan clearance pada Kapal Pesiar MV. Carnival Luminosa pada Pelabuhan Samudera Kota Bitung. Tim kerja yang terdiri dari gabungan antara petugas Imigrasi Bitung, petugas DIrektorat Jenderal Imigrasi serta petugas dari Divisi Keimigrasian Kanwil Kemenkumham Sulut ini melaksanakan clearance diatas Kapal Pesiar. 



Kapal Pesiar yang membawa 931 awak kapal dan 1906 penumpang yang terdiri dari WNI dan WNA dari berbagai negara ini tiba di Pelabuhan Samudera Kota Bitung pada hari Sabtu 07 Oktober 2023 pukul 18.00 WITA. Kegiatan Pemeriksaan Imigrasi dilaksanakan setelah mendapat pernyataan bahwa Kapal Pesiar tersebut berstatus aman dari pihak Karantina Kesehatan Pelabuhan yang sudah lebih dulu naik ke kapal sesuai dengan prosedur yang berlaku.

"Dari 1906 orang Warga Negara Asing yang menjadi penumpang pada Kapal Pesiar MV. Carnival Luminosa ini, tercatat ada 873 orang menggunakan VOA, 1030 orang menggunakan E-Voa dan 3 orang yang menggunakan BVK. Untuk Anak Buah Kapal (ABK) yang berjumlah 933 orang terdiri dari 679 Warga Negara Asing dan 254 Warga Negara Indonesia," jelas Ryang.

Beberapa penumpang Kapal Pesiar MV. Carnival Luminosa juga menyempatkan diri untuk turun dari Kapal dan mengikuti kegiatan Festival Pesona Selat Lembeh yang sedang berlangsung di Kota Bitung. Pemerintah Kota Bitung juga memberikan sambutan hangat berupa tarian daerah dan pengalungan bunga kepada Kapten Kapal Pesiar tersebut. Masyarakat Kota Bitung juga sangat antusias untuk melihat kedatangan Kapal Pesiar ini, terlihat dari pameran permainan alat musik tradisional serta ramainya pengunjung menjadikan momen ini menjadi terasa lebih hangat.

Kapal Pesiar yang berbendera Bahamas ini datang dari Pelabuhan Naha, Okinawa, Jepang dan terjadwal akan melanjutkan perjalanan menuju Pelabuhan Brisbane, Queensland, Autralia. Petugas menyelesiakan kegiatan Pemeriksaan pada hari Minggu 08 Oktober 2023 pukul 16.00 WITA setelah memberikan tanda cap keluar kepada seluruh penumpang dan ABK Kapal Pesiar MV. Carnival Luminosa .

Pemerintah Kota Bitung beserta pihak penyelenggara kegiatan tersebut juga mengapresiasi kinerja dari Tim Immigration On Shipping (IOS) Direktorat Jenderal Imigrasi yang menjadi salah satu kunci terlaksananya kegiatan ini dengan baik. Diharapkan kegiatan seperti ini akan berlanjut dikemudian hari sebagai bentuk usaha pemerintah mendongkrak perekonominan negara melalui sektor pariwisata khususnya untuk para UMKM yang ada di Kota Bitung.


Laporan Kusmayadi, LUGAS Bitung

Tidak ada komentar