Pemkot Bekasi Gencarkan Ketersediaan Pangan Murah Upaya Tangani Inflasi


LUGAS | Kota Bekasi - Dalam rangka mewujudkan salah satu upaya penanganan inflasi, Selama Bulan Oktober 2023, Pemerintah Kota Bekasi Bekerjasama dengan Pemerintab kabupaten Karawang dan Perum Bulog Cabang Karawang menggelar Operasi Pasar murah di seluruh Kecamatan se- Kota Bekasi.

Lokasi pertama gelaran Operasi Pasar Tahun 2023 di Halaman Kantor Kecamatan Bekasi Selatan yang digelar pada Senin (09/10/2023) dan Pj. Wali Kota Bekasi Raden Gani Muhamad berkesempatan hadir langsung di lokasi guna meninjau jalannya Operasi Pasar tersebut.
 
Operasi Pasar Tahun 2023 tersebut menyediakan Beras 5 Kg dengan harga Rp. 52.500,- dan Minyak Goreng 1 Liter dengan harga Rp. 14.000,- serta berbagai bahan pangan pokok lainnya sebagai salah satu langkah solutif dari Pemerintah Kota Bekasi untuk menyelesaikan persoalan ketahanan pangan, stabilitas harga barang pokok, dan pemenuhan kebutuhan bahan pangan pokok bagi masyarakat.

"Operasi Pasar ini merupakan langkah yang kami, Pemerintah Kota Bekasi lakukan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat agar terhindar dari keterbatasaan ketersediaan bahan pangan pokok sekaligus sebagai salah satu solusi di saat harga bahan pangan pokok mengalami kenaikan, sehingga angka inflasi di daerah pun dapat kami kendalikan, sesuai dengan arahan Presiden dan Menteri Dalam Negeri RI bahwa harus terus waspada dalam menangani inflasi," ujar R. Gani Muhamad, Pj. Wali Kota Bekasi.

Seraya mengajak, Pj. Wali Kota Bekasi R Gani Muhamad pun menyampaikan, "mari bersama manfaatkan hadirnya Operasi Pasar kali ini, sebarkan informasi penting ini ke berbagai kalangan, agar semua berhak mendapatkan kesempatan yang sama," paparnya. 

Camat Bekasi Selatan Karya Sukmajaya memberikan apresiasi kepada Perum Bulog dan Pemerintah Kabupaten Karawang atas penyaluran beras dan juga minyak untuk kebutuhan masyarakat. 

Disampaikan Karya Sukmajaya bahwa saat ini Pemerintah Kota Bekasi terus berupaya untuk membangun Kota Bekasi. Infrastruktur dan juga ekonominya. 

“Semua kita lakukan adalah untuk menuju Kota Bekasi yang lebih hebat,  yaitu membangun, meningjatkan dan mengembangkan prasarana dan sarana Kota yang maju dan memadai. Jadi hari ini selain ada operasi pasar dengan menyediakan beras dan minyak juga kita libatkan pelaku UMKM, semoga ini bisa meningkatkan kemampuan UMKM dengan berdaya saing dan menumbuhkan ekonomi rakyat," tutur Camat. 

Menurut Eddy Purwanto  Koordinator UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) Bekasi Selatan, bahwa menurutnya UMKM memiliki peran penting bagi perekonomian Indonesia karena memberikan sumbangan signifikan khususnya dalam pembentukan produk domestik bruto dan penyerapan tenaga kerja. UMKM juga dipercaya memiliki ketahanan ekonomi yang tinggi sehingga dapat menjadi penopang bagi stabilitas sistem keuangan dan perekonomian.

"Sebanyak 40 pelaku UMKM hari ini hadir dengan disediakan 20 stand Bazar. Alhamdulillah semua terlihat bahagia, artinya fasilitas dan kegitan yang ramai dikunjungi orang seperti ini yang kami tunggu. Dengan hadirnya pelaku UMKM tentunya untuk meningkatkan produktivitas masyarakat dan membuat kondisi perekonomian bangsa kembali bergairah seperti sektor industri dan perdagangan yang mengalami kelesuan untuk kembali beroperasi sebagaimana mestinya," pungkas Eddy Purwanto yang akrab di panggil Eddy Uban Mantan Anggota DPRD Kota Bekasi ini.








Tidak ada komentar