Permata CAI Pasar Rebo Bekali Generasi Muda dengan Wawasan Kebangsaan


 

LUGAS | Pasar Rebo, Jakarta Timur - Guna meningkatkan kesiapan pemuda dalam memasuki kehidupan bermasyarakat dan bernegara serta memiliki jiwa enterpreneurship, religius, dan cinta tanah air, Yayasan Minhajul Muttaqien Cijantung bekerja sama dengan Lembaga Dakwah Islam Indonesia dan Senkom (Sentra Komunikasi) Mitra Polri Kecamatan Pasar Rebo menyelenggarakan Seminar Wawasan Kebangsaan pada Minggu (08/10/2023). 

Kegiatan seminar dilaksanakan sebagai bagian dari rangkaian pembentukan karakter generasi muda melalui Perkemahan Akhir Tahun Cinta Alam Indonesia (Permata CAI) 2023 yang pada tahun ini memasuki tahun ke-44. 

Memperkokoh Wawasan Kebangsaan dengan Cinta Alam Indonesia menjadi tema kegiatan yang melibatkan remaja dan pemuda-pemudi sekecamatan Pasar Rebo ini. 

Seminar Wawasan kebangsaan Cinta Alam Indonesia (CAI) ini menghadirkan pemateri Teguh Prajoga dan H. Soyo Haryanto, S.Pd. 

H. Soyo Haryanto yang juga bertindak selaku ketua Yayasan Minhajul Muttaqien  berpesan agar generasi muda menjadi generasi unggul, intelek, religius dan bangga sebagai pemuda Indonesia. 
 

Ia juga berpesan agar generasi muda aktif di lingkungan masing-masing tempat tinggal guna mewujudkan lingkungan yang bersih dan hijau. Misalnya ikut bersama-sama dalam kegiatan RT, RW ataupun melakukan inisiatif-inisiatif dengan berkoordinasi ke RT/RW. 

"Dengan semangat Cinta Alam Indonesia, diiklim kemarau panjang ini agar  peduli dan berinovasi menjadikan lingkungan tempat tinggal yang bersih dan hijau," ucap H. Soyo Haryanto.


 

Cinta Alam Indonesia sebagai kegiatan yang telah berlangsung sejak 1979 merupakan kegiatan perkemahan terintegrasi antara kegiatan indoor seperti seminar dan penyampaian materi lainnya, dan kegiatan outdoor yang melatih kecakapan dan kemandirian peserta, dan biasa dilaksanakan pada libur sekolah. Meski kerap juga dilaksanakan secara terpisah waktu dan tempatnya menyesuaikan agenda kalender nasional supaya tidak mengganggu jalannya kegiatan belajar siswa dan mahasiswa.

Selain sebagai sarana diskusi saling tukar informasi, silaturahmi, juga diharapkan para pemuda mampu tampil kedepan menjadi pemimpin yang tangguh, sebagai ajang untuk mengasah dan meningkatkan potensi, kreativitas, serta kemandirian peserta agar kelak bisa menjadi kader pemimpin umat yang cerdas, berkualitas dan berakhlaqul karimah. 

Hadir dalam kegiatan Seminar Wawasan Kebangsaan Cinta Alam Indonesia di Cijantung, Pasar Rebo Jakarta Timur ini antara lain pengurus Yayasan Minhajul Muttaqien H. Soyo Haryanto S.Pd., beserta jajaran pengurus yayasan seperti H. Umar, Sahat Maruli Tua, S.Kom., MM., Bahrul Ilmi, S.Pd.I., Royhan, Azza dan lainnya.

Sementara dari Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) hadir  Arief Amin, S.Pd., selaku Ketua Pimpinan Cabang LDII Pasar Rebo yang juga Bendahara MUI Kecamatan Pasar Rebo,  Nursyamsu dari PAC LDII Cijantung, Ust. Tedy Jauhari, S.Pd.I., H. Mukhlis, S.Kom.



Tak ketinggalan dari Senkom (Sentra Komunikasi) Mitra Polri Pasar Rebo hadir Supriyanto, S.Pd yang juga menyampaikan apresiasi kepada warga Lembaga Dakwah Islam Indonesia dan Yayasan Minhajul Muttaqien, dimana telah berkontribusi nyata untuk masyarakat Pasar Rebo dalam hal pembinaan wawasan kebangsaan kepada generasi muda.

Kegiatan diikuti sekitar 350 peserta yang terdiri para generasi muda usia pelajar dan mahasiswa, serta masyarakat umum.


Laporan Supriyanto, LUGAS Jakarta Timur

Tidak ada komentar