SYL: Jika Kinerja Berhasil Itu Prestasi Jokowi. Kalau Salah Tanggung Jawab Saya



LUGAS | Jakarta -
Eks Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL) menekankan, jika kinerjanya di Kementerian Pertanian (Kementan) selama ini dinilai baik, maka itu adalah prestasi Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan para pegawai Kementan.

Pasalnya, Syahrul hanya menjalankan visi dan misi Jokowi terkait pertanian di Indonesia.

Adapun Syahrul menyampaikan hal itu usai berbincang dengan Jokowi di Istana Negara, Jakarta Pusat, Minggu (8/10/2023) malam.

"Perlu saya tekankan kembali, seluruh kinerja sebagai menteri, jika itu berhasil, maka itu adalah prestasi Bapak Presiden dan kerja para pejabat dan pegawai di Kementan RI," ujar Syahrul dalam keterangannya.

"Saya hanya melanjutkan visi dan misi Bapak Presiden agar pertanian RI lebih maju dan masyarakat mendapatkan manfaat," sambung dia.

Akan tetapi, jika ada kesalahan yang Syahrul perbuat, maka itu adalah tanggung jawabnya.

"Sedangkan, jika ada kesalahan selama menjadi menteri, hal itu adalah tanggung jawab saya yang menjalankan jabatan ini," ucap Syahrul.

Terkait dugaan korupsi yang menyeret namanya saat ini, Syahrul memastikan dirinya akan kooperatif.

Menurut dia, hukum memberikan hak kepada orang yang dituduh melakukan tindak pidana untuk membuat pembelaan yang sebaik-baiknya.

Dia menegaskan akan melakukan sesuatu dengan tetap menghormati hukum yang berlaku.

"Semoga ke depan upaya penegakan hukum dan pemberatasan korupsi lebih kuat dan dilakukan secara bersih, serta tidak terkontaminasi dengan kepentingan politik praktis," kata dia.

Sebelumnya diberitakan, Syahrul Yasin Limpo memutuskan mundur dari jabatan Mentan karena ingin fokus menghadapi penyidikan kasus dugaan korupsi yang menyeret namanya.

Syahrul menyampaikan surat pengunduran dirinya kepada Mensesneg Pratikno pada Kamis (5/10/2023) sore.

"Alasan saya mengundurkan diri adalah ada proses hukum yang saya hadapi dan saya harus siap menghadapi secara serius," kata Syahrul.

Kemudian, Presiden Jokowi menunjuk Kepala Badan Pangan Nasional (Bapanas) Arief Prasetyo Adi sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Mentan. 

(K)

Tidak ada komentar