Ngamuk di Dukcapil Kota Bekasi, Wanita Ini Rusak Peralatan Pembuatan KTP



LUGAS | Kota Bekasi- Mirip aksi di film-film koboy seorang wanita warga Jaksampurna Kecamatan Bekasi Barat ini mengamuk melempar peralatan pelayanan perekaman KTP di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Bekasi pada Jumat (10/11/2023) malam.

Kepala Disdukcapil Taufiq Rachmat Hidayat menceritakan kronologis kejadian bahwa pada hari Jumat (10/11/2023) datang seorang wanita warga Jakasampurna untuk mengganti foto di KTP nya dengan yang baru.

"Si pelaku mendapat antrian akhir. Nah saat jam 22.00 wib staf kami memberitahu data KTP nya tidak terdata di sistem dan harus divalidasi. Staf kami memberitahu agar hari Senin (13/11/2023) diminta balik lagi dan tidak perlu mengantri lagi. Dan tinggal foto saja,"tuturnya. Selasa (14/11/2023).

Namun, lanjut Taufiq, si pelaku bersikukuh harus selesai malam itu juga, sambil ngomel dengan suara keras. Bukan hanya itu, pelaku ngamuk dengan merusak sejumlah peralatan perekaman KTP.

"Yang dilempar itu kamera untuk foto, lensa nya rusak. Lalu monitor komputer juga rusak, sama printer untuk cetak KTP rusak bagian atasnya,"jelas Taufiq.

"Kemudian, kalau dia marah soal staf saya yang menyebut dia 'orang stres' karena spontan aja. Jadi setelah wanita itu merusak alat-alat pelayanan KTP, staf kami bilang 'ini orang stres kali ya', terus si pelaku menghampiri staf kami dan menarik-narik jilbab staf sambil terus ngoceh,"ungkapnya.

Diakui Taufiq, pihaknya langsung berkordinasi dengan tim PPNS dan Polsek Bekasi Timur. Setelah itu didapat kronologis seperti itu. Akhirnya, kata dia, pihaknya melaporkan kejadian perusakan aset Dukcapil ke Polres Metro Bekasi.

Bahkan, kata Taufiq, setelah kejadian pertengakaran tersebut, pelaku tetap tidak merasa bersalah dan masih diam dan duduk di kantor, dan ditungguin sama petugas Polsek Bekasi Timur.

"Malam itu juga petugas disdukcapil telah menghubungi Polsek Bekasi Timur untuk melaporkan peristiwa kejadian dimaksud dan esok harinya (Sabtu 11/11/202) seluruh petugas pelayanan malam hari telah dimintakan berita acara klarifikasi oleh penyidik PPNS Disdukcapil dan berdasarkan kronologis yang ada kami telah melakukan tindak lanjut kepada pihak yang berwenang, menyerahkan kasus hukum nya ke Polres Metro Bekasi pada Sabtu (11/11/2023),"bebernya.

Sekedar diketahui  Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Bekasi,  memiliki program pelayanan yang dinamakan Patriot Mantap yang tutup pelayanan sampai Pukul 22.00 
wib.

Penggalan video peristiwa tersebut pun beredar di grup-grup WA antara staf pelayan Dukcapil berujung pertengkaran yang berujung perkelahian. Terlihat beberapa petugas keamanan mencoba melerai, dalam video berdurasi 19 detik

"Minta maaf dulu, Ini bukan rambut dia udah ngatain gua stress, I Now minta maaf dulu," ujar pelaku sambil menjenggut jilbab staf Dukcapil.

Si pelaku pun tak menggubris pihak keamanan Dukcapil yang mencoba  melerai.(*)








Tidak ada komentar