Senkom Mitra Polri Sulbar Ikuti Pelatihan Pencegahan dan Mitigasi Bencana BPBD


LUGAS | Mamuju, Sulbar - Sentra Komunikasi (SENKOM) Mitra Polri Propinsi Sulawesi Barat mengikuti kegiatan Pelatihan Pencegahan dan Mitigasi Bencana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Propinsi Sulawesi Barat, pada Kamis 23 November 2023.


Kegiatan dilaksanakan di Ibukota Propinsi Sulawesi Barat Mamuju, tepatnya di Hotel Berkah Mamuju, dan dibuka oleh Sekretaris BPBD Propinsi Sulawesi Barat Drs. Salaludin.

Pelatihan diikuti beberapa Organisasi Kemasyarakatan, Organisasi Radio, Penghobi Radio Komunikasi, Pers dan Pemangku kepentingan lainnya  diantaranya Sentra  Komunikasi (SENKOM) Mitra Polri, Orari, Rapi, Tagana,Loka Monitor, Tribun Sulbar, dan lainnya.

Senkom Mitra Polri Propinsi Sulawesi Barat mendelegasikan kepada Pengurus Kabupaten Mamuju untuk menghadiri kegiatan tersebut.




Pengurus Kabupaten (Pengkab) Senkom Mitra Polri Mamuju mengirimkan satu regu yang beranggotakan lima orang yang di Sprint langsung dari Pengurus Propinsi Senkom Mitra Polri  Sulawesi Barat untuk mengikuti kegiatan tersebut termasuk Ketua Senkom Mitra Polri Kabupaten Mamuju Ibrahim Rudali, SE, dan Ketua Bidang Publikasi Hubungan Masyarakat dan Antar Lembaga (PHMAL) Mukhlis.

Dalam  sambutan Pembukaannya Sekrwtaris BPBD Propinsi Sulawesi Barat Drs, Salaludin menyampaikan terimakasih dan penghargaan yang tinggi kepada seluruh peserta yang berkenan datang menghadiri kegiatan Pelatihan Pencegahan dan Mitigasi Bencana yang diselenggarakan oleh BPBD Sulawesi Barat.

Selain memaparkan materi terkait Mitigasi Bencana BPBD Sulawesi Barat juga menyampaikan terkadang mengalami kesulitan dalam hal Komunikasi saat terjadi darurat bencana yang biasanya pada saat terjadi bencana banyak fasilitas yang rusak termasuk fasilitas pendukung komunikasi internet atau ketika melakukan operasi kemanusiaan lainnya.

Oleh karena itulah pihaknya mengajak para Pegiat Kemanusiaan dan Penghobi Radio Komunikasi serta Organisasi Radio Komunikasi berkenan menyumbangkan kontribusinya dalam bidang Komunikasi ketika ada Kegiatan penanggulangan darurat kebencanaan yang dilakukan BPBD karena pada saat terjadi darurat bencana tidak bisa cuma mengandalkan internet.

Pada Kesempatan ini Ketua Senkom Mitra Polri Kabupaten Mamuju Ibrahim Rudali, SE memaparkan terkait eksistensi Senkom dalam hal komunikasi "Senkom Mitra Polri selalu melakukan koordinasi baik secara regional maupun nasional tentang kamtibmas dan kebencanaan menggunakan berbagai media baik itu media sosial, digital maupun analog".


Raduli melanjutkan, "Senkom Mitra Polri juga mempunyai media komunikasi digital yang biasa disebut Senkom Digital Comunication (SDC)  yang bisa digunakan untuk koordinasi secara regional dan nasional dengan memanfaatkan jaringan internet".

Ketua Senkom Mitra Polri Propinsi Sulawesi Barat H. Arjanto, ST melalui Ketua Biro Informatika dan Telematika Kasion Hadi menambahkan Senkom Digital Comunication (SDC) penggunaannya selain menggunakan perangkat Handphone, Komputer atau Laptop, dalam mengoperasikannya bisa juga diintegrasikan dengan perangkat analog seperti Handy Talky (HT), RIG dan lainnya.

"Pengurus Pusat Senkom Mitra Polri melalui Departemen Informatika dan Telematika memang terus melakukan inofasi dibidang komunikasi salah satunya Senkom Digital Comunication atau SDC," jelas Ketua Biro Informatika dan Telematika Kasion Hadi.

Diterangkan Kasion Hadi, bahwa dalam pengoperasiannya  SDC juga bisa diintegrasikan dengan perangkat analog seperti Handy Talky (HT), atau Radio RIG, serta Radio Pancar Ulang (RPU), menggunakan media tambahan namanya interface sehingga bisa menambah luasnya jarak pancaran Radio komunikasi dan bisa membantu kemudahan komunikasi dalam suatu kegiatan atau Operasi.

"SDC juga bisa diintegrasikan dengan perangkat analog seperti Handy Talky (HT), atau Radio RIG, serta Radio Pancar Ulang (RPU), menggunakan media tambahan namanya interface sehingga bisa menambah luasnya jarak pancaran Radio komunikasi dan bisa membantu kemudahan komunikasi dalam suatu kegiatan atau Operasi," pungkas Kasion Hadi.


(LUGAS/Yos)

Tidak ada komentar