Apel Nataru, Ini 8 Butir Arahan Camat Makasar Kamal Alatas



LUGAS | Makasar, Jakarta Timur - Camat kecamatan Makasar Kamal Alatas, S.STP., M.A.P memimpin Apel Pengamanan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (NATARU) di halaman Kantor Kecamatan Makasar Kota Administrasi Jakarta Timur pada Jumat (22/12/2023) sore.

Hadir dalam
Apel Pengamanan NATARU ini segenap jajaran Forkopimcam Makasar mulai dari unsur Polsek, Koramil, Puskesmas, Satpol PP, Gulkarmat, para Lurah, para Kasatpel, para pejabat dilingkungan kecamatan Makasar, FKDM (Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat), Karang Taruna, RAPI (Radio Antar Penduduk Indonesia).





Disampaikan oleh Camat kecamatan Makasar 
Kamal Alatas, S.STP., M.A.P, pelaksanaan apel kali ini merupakan bentuk koordinasi dan kerjasama yang baik antara jajaran TNI, Polri, Pemprov DKI Jakarta/kecamatan Makasar, dalam rangka antisipasi terjadinya bencana dan gangguan pada masa-masa perayaan Hari Raya Natal tahun 2023 dan Tahun Baru 2024 di wilayah kecamatan Makasar.

"Hal ini sebagai wujud komitmen bersama untuk menjaga stabilitas keamanan dari bentuk kejahatan apapun, semua ini dilakukan untuk memberikan rasa aman dan nyaman pada saat warga melaksanakan ibadah natal tahun 2023," ujar
Kamal Alatas.

Camat kecamatan Makasar 
Kamal Alatas pada kesempatan Apel Pengamanan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (NATARU) memberikan perhatian dan 8 (delapan) butir arahan yaitu;

Pertama
, kepada Kepala Sektor Gulkarmat agar menyiagakan personel dan menyiapkan sarana prasarana penanganan banjir atau kebakaran serta memastikan sarana dan prasarana tersebut dapat berfungsi dengan baik.

Kedua
, Satpel Sumber Daya Air, Satpel Bina Marga dan UPD terkait lainnya, untuk melaksanakan pemeliharaan dan pembersihan drainase, pompa air, saluran air dan tali tali air dalam upaya
pencegahan bencana banjir. 

Ketiga, p
ara Lurah agar mengajak PPSU, RT, RW, LMK, FKDM, masyarakat, relawan, dan organisasi kemasyarakatan lainnya untuk terlibat dan berpartisipasi dalam penanggulangan bencana secara aktif, harus diberikan pelatihan dasar evakuasi bencana bekerja sama dengan UPD terkait.




Keempat,
Kepala Satuan Pelaksana Perhubungan berkoordinasi dengan unsur kepolisian untuk inventarisasi titik rawan kemacetan dan menempatkan personil dalam rangka mengurai kemacetan.
 

Kelima,
Lurah bersama dengan pihak terkait lainnya agar melaksanakan patroli keliling rumah warga pada saat masa perayaan Natal Tahun 2023 dan Tahun Baru 2024. 

"Hal tersebut sebagai bentuk antisipasi terjadinya pencurian dan kebakaran, serta menghimbau kepada warganya bahwa saat meninggalkan rumah agar memastikan kondisi rumah dalam keadaan aman untuk ditinggalkan, mengingat juga bertepatan dengan masa libur sekolah," jelas Camat Makasar Kamal Alatas.
 

Berikutnya yang Keenam, camat mengimbau agar dilakukan penjagaan dan pemantauan terhadap lokasi rawan terjadi tawuran seperti di Kebon Pala dan Cipinang Melayu serta wilayah lainnya di seantero lima kelurahan sekecamatan Makasar.

Ketujuh,
para Lurah berkoordinasi dengan unsur TNI dan Polri agar melakukan piket bersama pada masa perayaan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 dalam rangka menciptakan rasa aman dan kondusif bagi masyarakat yang merayakan.

Kedelapan,
berdasarkan informasi dari Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta, dihimbau kepada seluruh pihak agar mewaspadai terjadinya kembali peningkatan kasus covid-19.

"Saya juga menghimbau dan mengajak kepada seluruh pihak dan sampaikan kepada warga masyarakat pada masa perayaan Hari Raya Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 ini untuk bekerja sama dalam menjaga kondusifitas di wilayah Jakarta Timur," imbau Camat Makasar Kamal Alatas seraya mendoakan
semua peserta apel selalu diberi kesehatan dandalam lindungan Allah subhanahu wata'ala dalam melaksanakan tugas.

"Tidak lupa pada kesempatan ini izinkan saya atas nama pemerintah kecamatan Makasar mengucapkan selamat merayakan Natal 2023 bagi yang merayakan dan selamat memasuki Tahun Baru 2024, semoga ditahun 2024, apa yang kita harapkan dapat tercapai," ucap Camat Makasar Jakarta Timur, Kamal Alatas.


 

Tidak ada komentar