Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Jaga Kelestarian HLG Tanjabbar, Senkom Dibekali Smart Patrol

| 02 Desember WIB |



LUGAS | Tanjab Barat - Kepala UPDT KPH Tanjung Jabung Barat Misriadi, SP., M.Sc., bersama jajaran mendampingi Tim Kementerian Maritim dan Investasi (Kemen Marinvest) Bio Carbon Fund (Bio CF) Pelopor Restorasi Gambut (BRG) dan Bapeda Provinsi Jambi di Sekretariat Sanggar Alam Delima (SAD)  di Jalan Kangkung Dusun Bumi Ayu Desa Delima Kecamatan Tebing Tinggi dan Hutan Lindung Gambut (HLG) Sungai Bram Itam Kabupaten Tanjab Barat Provinsi Jambi, Jum'at (1/12/2023).



Kedatangan Tim Kementerian Marinvest dan lainnya membawa misi Monev Dekarbonisasi dan Folu di  HLG Sungai Bram Itam.

Rombongan singgah di Sekretariat SAD 11.15 kemudian diadakan ramah-tamah sebelum menunaikan ibadah Sholat Jum'at bagi yang muslim. Dalam ramah tamah ini Kepala KPHP Tanjab Barat Misriadi,  berjanji akan meningkatkan kerjasama dengan Senkom dalam pengawasan dan pengamanan HLG Sungai Bram Itam. Adapun luas HLG ini mencapai 16.000 Ha.


"Tentunya kami atas nama pemerintah tidak akan sanggup untuk menjaga dan mengamankannya tanpa bantuan masyarakat. Maka kami KPH berkomitmen untuk meningkatkan kerjasama dengan Senkom Mitra Polri Kabupaten Tanjab Barat," ucap Misriadi.

Lanjut Misriadi, "Senkom akan kami bekali dengan Smart Patrol, Smart Patroli merupakan sebuah Aplikasi yang terhubung dengan petugas di lapangan, sistem ini terhubung dengan SmartPhone  sehingga meningkatkan efektifitas pengelolaan data hasil kegiatan petugas pada pelaksanaan kegiatan selain untuk memetakan potensi sumber daya alam yang ada di HLG, juga untuk meningkatkan kapasitas petugas di lapangan  dalam rangka perlindungan diri dan pengamanan hutan dari ancaman perburuan liar dan perambahan hutan. Smart Patrol untuk Senkom ini akan kita realisasikan pada tahun 2024."


Wakil Ketua Senkom Tanjab Barat Walidi menyatakan kesiapannya untuk melaksanakan kepercayaan dari KPH ini.

"Kami siap untuk menjaga HLG ini, karena HLG ini merupakan kubah gambut dan hutan terakhir yang ada di Tanjabbar, maka harus kita jaga dan lestarikan agar tidak menimbulkan bencana di kemudian hari. Kita jaga alam, alam jaga kita. Senkom Rescue dengan slogan siaga saat aman ada saat dibutuhkan. Maka Senkom siap menjalankan misi ini," ungkap Walidi.

Setelah Sholat Jum'at, rombongan mengadakan  pengecekan di lapangan dari ternak madu lebah bantuan Bank Dunia serta bibit tanaman yang ditanam di HLG serta kondisi HLG yang dijaga dan dilestarikan oleh SAD, Senkom dan MPA.



Setelah melakukan peninjauan di lapangan semua tim merasa puas kemudian ditutup oleh  Misriadi mewakili semua tim yang hadir dengan ucapan terimakasih dan apresiasi atas kerja nyata SAD, Senkom dan MPA dalam menjaga dan melestarikan HLG ini.

"Sekaligus ucapan Selamat Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Senkom Mitra Polri ke 4 di gedung PPIK Mabes Polri pada tanggal dua belas desember dua ribu dupuluh tiga," tutup Misriadi.



(Abdullah Muslih)

PROMO PAKET UMRAH

TIKET KAI NATAL/TAHUN BARU 2024

×
Berita Terbaru Update