Kanim Kelas II TPI Bitung gelar Operasi Jagratara Pengawasan Orang Asing Secara Serentak




LUGAS | Bitung -  Dalam rangka pengamanan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru 2023/2024) serta menjelang Pemilihan Umum (Pemilu) dan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024, Kantor Imigrasi Kelas II TPI Bitung gelar Operasi “JAGRATARA” Pengawasan Orang Asing Secara Serentak dengan Kendali Pusat di Seluruh Wilayah Indonesia Tahun 2023 pada tanggal 27-28 Desember 2023.

Kepala Seksi Intelijen dan Penindakan Kantor Imigrasi Kelas II TPI Bitung, Donny Yanuar menegaskan bahwa kegiatan operasi ini merupakan kegiatan yang sangat penting sebagai langkah antisipasi meningkatnya keberadaan orang asing di wilayah kota Bitung. 

"Operasi ini merupakan arahan langsung dari Pimpinan Satuan Tugas Operasi "JAGRATARA" Direktorat Jenderal Imigrasi, mengingat sebagai langkah antisipasi meningkatnya keberadaan Orang Asing pada Nataru 2023/2024 ini," terang Donny.


Hari pertama Rabu, 27 Desember 2023 kegiatan operasi difokuskan pada 5 titik lokasi penginapan yang ada di kota Bitung, mulai dari Fave Hotel Kota Bitung, PLC Reddors Kota Bitung, Summer Hotel, Nalendra Hotel, Phoenix Hotel.

Didapatkan informasi bahwa sampai dengan saat ini Fave Hotel menjadi tempat yang sering kali dikunjungi oleh Tamu Asing untuk menginap , tapi tidak ada aktivitas yang membahayakan, Tamu Asing tersebut didominasi oleh Wisatawan Mancanegara yang sedang berkunjung ke Kota Bitung. dan setiap bulannya telah dilakukan pelaporan kedatangan tamu asing ke Kantor Imigrasi Kelas II TPI Bitung baik secara Virtual maupun Secara Langsung.


Di hari Kedua Kamis, 28 Desember 2023 kegiatan difokuskan ke lokasi Pelabuhan dan tempat Bongkar muat ikan, dimana di hotel Nalendra didapati laporan adanya Orang Asing yang menginap, namun pada saat Tim tiba dilokasi tersebut tidak didapatkan adanya aktivitas orang asing yang sedang berwisata maupun melakukan aktivitas bongkar muat Ikan.


Kusmayadi Lugas Bitung, Sulut


Tidak ada komentar