Senkom Rescue Jombang Ikut Serta Pembersihan Sungai Kali Gunting Untuk Antisipasi Banjir Di Wilayah Sumobito


LUGAS | Jombang - Dalam rangka kesiapsiagaan bencana khususnya banjir di wilayah Kecamatan Sumobito Kabupaten Jombang diadakan kerja bakti pembersihan sungai kali gunting di Dusun Johoclumprit Desa Sumobito, Kecamatan Sumobito, Kabupaten Jombang Minggu pagi (10/12/2023).


Sebelum pelaksanaan kerja bakti dimulai diadakan apel terlebih dahulu di halaman Kantor Kecamatan Sumobito.


Peserta Apel yang hadir ada dari Koramil Sumobito, Polsek Sumobito, Senkom Mitra Polri, Semar, dan Perangkat Desa Sumobito dan masyarakat sekitar.


Sasaran kerja bakti di sungai kali gunting Dusun Johoclomprit Desa Sumobito Kecamatan Sumobito Kabupaten Jombang untuk antisipasi banjir di wilayah Kecamatan Sumobito.



Kerja bakti tersebut pembersihan enceng gondok yang sudah banyak memenuhi sungai kali gunting tepatnya di bawah Jembatan Dusun Johoclumprit, sekaligus pembersihan rumput dan pepohonan disamping tebing sungai kali gunting.




Dalam kesempatan itu hadir juga Pj Bupati Sugiat S.Sos,. M.Psi.T, beserta Sekdakab Jombang Agus Purnomo dan Ketua DPRD Jombang Mas'ud Zuremi serta Kalaksa BPBD Jombang Bambang Dwijo Pranowo.


Pj Bupati menyampaikan saya berkunjung ke Desa Sumobito, Kecamatan Sumobito dalam rangka agendanya sebetulnya adalah bersih - bersih sungai karena banyak enceng gondok dan sampah.



"Kenapa kita bersihkan? Karena ini menjelang musim hujan. Jadi di sini biasanya sungainya meluap, maka perlu bersih - bersih sungai dan nanti kita juga akan mengadakan apel siaga bencana secara gabungan nanti Minggu Minggu ini," terang Sugiat.


Sugiat mengatakan, Jadi dari pemda dari TNI, Polri, Masyarakat hari rabu ini kita apresiasi rencana untuk apa? Untuk menunjukkan pada masyarakat bahwa kita siap hadapi musim hujan ya karena Jombang, bagaimanapun juga ada wilayah wilayah yang rawan terjadinya bencana banjir ada juga tanah longsor.




"Oleh karena itu kita harus siap dan hari ini ya kita mulai di Desa Sumobito, Kecamatan Sumobito ini ya kita bersih bersih dengan seluruh warga nanti bisa diikuti oleh desa desa yang lain supaya kita siap dalam menghadapi musim penghujan ini", Kata Sugiat.


Masih Sugiat, Kemudian tadi juga kita bahas ini kebetulan ada jembatan yang sudah bertahun tahun akses masyarakat yang kurang lebar, karena ini tidak bisa dilewati oleh mobil, hanya sepeda motor, sementara Pak Kepala Desa Sumobito ni minta supaya paling tidak, bisa dilewati mobil ambulan bisa masuk ambulan desa.


"Sehingga kalau ada warga yang sakit bisa segera kita bantu, karena itu sudah kita rencanakan tadi saya juga sepakat dengan pak Ketua DPRD untuk mungkin di anggaran 2025. Karena 2024 kan sudah kita bahas dan sudah selesai pembahasannya."ungkap Pj Bupati.


"Mudah mudahan nanti Pak kepala Desa sampaikan seluruh warga sabar ya, insya Allah nanti 2025 mudah - mudahan nanti kita kontrol bersama," pungkas Pj Bupati.




Pembersihan enceng gondok juga dibantu oleh BPBD Jombang dengan menggunakan dua perahu.





Kemudian rumput - rumput tersebut diangkut oleh mobil Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Jombang

Tidak ada komentar