Camat Pondokgede Hadiri Pelantikan KPPS, Sampaikan Pesan Ciptakan Pemilu Damai 2024


LUGAS | Kota Bekasi -  Sebagaimana diketahui Komisi Pemilihan Umum (KPU) menggelar pelantikan Petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) untuk Pemilu 2024 secara serentak hari ini, Kamis (25/1/2024).

Ketua KPU Hasyim Asy’ari mengatakan, ada tujuh orang anggota KPPS yang bertugas di Tempat Pemungutan Suara (TPS).

“Pada hari ini Kamis 25 Januari 2024 telah dilaksanakan pelantikan anggota KPPS, jumlah orangnya adalah sebanyak 5.741.127 orang anggota KPPS yang tersebar di 820.161 TPS. Adapun pelaksanaan pelantikan tersebar di 71.000 lokasi pelantikan anggota KPPS di seluruh Indonesia, setelah pelantikan akan diselenggarakan Bimbingan Teknis (bimtek)," kata Hasyim dikutip dari Breaking News Kompas TV.

Untuk acara pelantikan KPPS di 5 Kelurahan di Kecamatan Pondokgede dihadiri Camat Pondokgede zainal Abidin Syah dan jajaran, para Lurah, Bhabinkamtibmas, Babinsa, KPU kota Bekasi , PPK kecamatan Pondokgede, Ketua PPS tiap Kelurahan, Satpo PP, Linmas, Ketua RT, Ketua RW, para tokoh dan KPPS yang dilantik. 

Setelah acara pelantikan dilanjutkan dengan simbolis  penanaman  pohon untuk penghijauan oleh Zainal Abidin Syah bersama komisioner KPU

Pelaksanaan acara dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Jingle pemilu, setelah itu pembacaan SK Kelompok Panitia Pungutan Suara (KPPS) oleh ketua PPS di susul dengan pengambilan sumpah dan penandatanganan berita acara yang di wakili ketua KPPS.

Setelah penandatanganan selesai, di isi dengan sambutan -sambutan, yang pertama dari ketua PPS yang dalam sambutannya berharap kepada semua KPPS untuk bekerja sama dengan team dan harus konsisten karena KPPS merupakan ujung tombak dari kesukseskan pemilu 2024 ,dan ditutup dengan sambutan dari Camat ataupun Lurah. 

" Semoga Pemilihan Presiden dan wakil presiden dan pemilihan anggota legislatif 2024 ini bisa berjalan lancar dan bisa menghasilkan seorang pemimpin yang terbaik bagi masyarakatnya, semoga pelaksaan pemilu Damai dan tetap kondusif," ujar Zainal Abidin Syah Camat Pondokgede. 

Camat menyampaikan harapannya agar Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) yang baru dilantik dapat menjalankan tugasnya dengan integritas tinggi dan bertanggung jawab.

"Selamat atas terpilih anggota KPPS semoga  menyelenggarakan  penilu dgn penuh integritas sesuai Peraturan perundang-undangan yang berlaku, selamat  bekerja," ucap Camat. 

Camat juga berpesan kepada anggota yang telah dilantik untuk tetap menjaga kesehatan. Selain itu, mengingat saat ini sudah memasuki musin hujan, maka petugas harus ikut mastikan lokasi-lokasi Tempat Pemungutan Suara (TPS) harus dalam keadaan aman dan nyaman.

"Saya mengajak masyarakat yang terdaftar sebagai pemilih untuk ikut berpartisipasi dalam pesta demokrasi ini dan mengikuti hati nuraninya. Jangan ada yang golput. Sebab, pilihan kita ini bisa menentukan masa depan bangsa," pungkas Camat. 

Setelah acara pelantikan dilanjutkan dengan simbolis  penanaman  pohon untuk penghijauan bersama komisioner KPU. 

 Untuk diketahui, KPPS memiliki tugas sebagai berikut;

1. Mengumumkan daftar pemilih tetap di TPS

2. Menyerahkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) kepada saksi peserta Pemilu yang hadir dan pengawas TPS, serta dalam hal peserta Pemilu tidak memiliki saksi, DPT juga harus diserahkan kepada peserta Pemilu

3. Melaksanakan pemungutan dan penghitungan suara di TPS

4. Membuat berita acara dan sertifikat hasil pemungutan dan penghitungan suara dan wajib menyerahkannya kepada saksi peserta pemilu, pengawas TPS, PPS, dan PPK melalui PPS

5. Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh KPU Pusat, KPU Provinsi, KPU Kabupaten/Kota, PPK, dan PPS sesuai dengan peraturan perundang-undangan

6. Menyampaikan surat pemberitahuan kepada pemilih sesuai DPT untuk menggunakan hak pilihnya

7. Melaksanakan tugas lain sesuai dengan ketentuan ketentuan peraturan perundang- undangan.




Tidak ada komentar