Ini Pesan Firdaus, Wali Nagari Bukik Batabuah Kepada Andre Rosiade Anggota DPR-RI di Posko Erupsi Gunung Marapi


Agam - Anggota DPR-RI asal Sumatera Barat (Sumbar), Andre Rosiade, mengunjungi posko penanganan bencana erupsi Gunung Marapi di Nagari Bukik Batabuah, Kecamatan Canduang, Kabupaten Agam, Selasa (16/1/2024).

Dalam kunjungan itu, Andre menyerahkan 500 paket sembako serta uang tunai Rp 25 juta.

Kemudian, Andre bertemu warga. Dia lalu dicurhati soal jalur evakuasi yang sempit dan diminta agar membantu memperbaikinya sehingga jalur evakuasi tersebut menjadi ideal.

"Daerah kami ini adalah jalur evakuasi bagi warga yang terdampak. Namun seperti bapak lihat sendiri, jalanya sempit. Ini bisa cukup menyulitkan jika kondisi membahayakan. Susah. Untuk itu kami minta agar kiranya bisa dibantu perbaikannya sehingga nantinya benar-benar bisa jadi jalur evakuasi yang ideal," kata Wali Nagari Bukit Batabuah, Firdaus kepada Andre.

Firdaus juga menyebut sudah ada warga yang bersedia menyerahkan tanahnya untuk perluasan jalan tersebut.

Sementara Andre mengatakan kehadirannya ke lereng Marapi untuk melihat dan bertemu langsung warga terdampak. Selain itu, ia juga ingin menyerap aspirasi dari masyarakat setempat.

"Hari ini kami datang ke pos lapangan di Bukit Batabuah ini untuk melihat dan bertemu langsng dengan warga di lereng Marapi ini, yang terdampak dengan erupsi. Kita sama-sama tahu bahwa erupsi terus terjadi," kata Andre kepada wartawan.

"Diluar apa (bantuan) yang kami bawa, sesuai aspirasi masyarakat kepada kami tadi ada yang meminta ambulans. Insya Allah lima bulan ke depan (kami) akan mengirimkan bantuan ambulans ke sini," katanya.

Sementara berkaitan dengan keinginan agar jalur evakuasi diperbaiki dan diperluas, Ketua Harian DPP Ikatan Keluarga Minang (IKM) itu mengatakan bakal menindaklanjutinya.

"Jalan evakuasi bisa diperluas. Insya Allah kami akan memperjuangkannya. Itu penting, karena jangan sampai masyarakat menjadi korban-korban lagi saat erupsi Marapi," katanya lagi. (Sumber: IG Andre Rosiade/Detik. Repost: Rizal Malin Kayo) 

Tidak ada komentar