Santunan Yatim Rutin Bulanan, Silaturahmi Antar DKM dan RW Bertempat di Masjid Al Haq Kayuringin Jaya


LUGAS | Kota Bekasi - Acara Silaturahmi dan Pemberian Santunan bagi Anak Yatim yang digagas oleh Pengurus Sosial H. Irfangi dan Jajaran sejak tahun 2018 berkembang pesat di Kayuringin Jaya. Semakin luas dan semakin banyak masjid melalui DKM dan perangkat rukun warga yang bergabung berkolaborasi menyantuni anak yatim, Seperti tampak pada Hari Sabtu, di Masjid AL-HAQ RW.014 Komplek Kejaksaan Agung, Kelurahan Kayuringin Jaya, Kecamatan  Bekasi Selatan, Kota Bekasi, Jawa Barat, Sabtu (20/1/2024).

Acara diisi dengan sejumlah kegiatan diantaranya pembacaan ayat suci Alquran,sambutan-sambutan, ceramah dan doa yang dibawakan oleh Ustazd Drs H. Husein Usman, MC Ustadz Fachri Husaini dan santunan.

Tampak hadir, Sekretaris Kecamatan  Bekasi Selatan, H. Isnaini didampingi Ketua DMI Bekasi Selatan KH Muhammad Sodik, Dr. Imron, S.H, M.Kn wakil ketua DMI Bekasi Selatan 

H Achmad Mirza S ag MM,. Sie URAIS Kemenag Kota Bekasi, Staf kesos kelurahan Kayuringin Jaya, Ketua DMI Kayuringin Jaya H Arifin Harahap, Bendahara DMI Kayuringin H Irfangi, Ketua DKM Masjid Al - Haq DRS. Nandan Iskandar, Hj Agus Iriani, Konsultan Legalitas Masjid DMI Kayuringin Jaya, beberapa ketua RW dan DKM se Kayuringin Jaya.

Anak-anak yatim yang diundang sebanyak 223 orang, semua anak yatim mendapatkan santunan dari donatur yang diserahkan langsung oleh Camat Bekasi Selatan yang diwakili Sekretaris Kecamatan Bekasi Selatan, Achmad Mirza Sie URAIS Kemenag Kota Bekasi, Ketua DMI kecamatan Bekasi Selatan, Ketua DKM, Ketua RW dan para tokoh yang hadir.

Sekretaris Kecamatan Bekasi Selatan H. Isnaini mendukung dan memberi apresiasi terhadap seluruh pihak yang telah terlibat dalam kegiatan santunan hari itu.

Dia berharap kegiatan tersebut bisa terus berkesinambungan dan semakin banyak yang ikut khususnya DKM di Bekasi Selatan.

Saat yang sama, Wakil Ketua DMI Bekasi Selatan yang juga maju sebagai Caleg DPRD Provinsi Jawa Barat dari Partai Demokrat memberi apresiasi kepada kegiatan sosial tersebut.

 "Apa yang dilakukan teman -teman dari DMI Kayuringin Jaya patut diapresiasi," kata Imron.

Lebih lanjut, Mantan pengurus Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Jakarta ini berharap kegiatan yang positif ini bisa terus berlanjut dan meluas.

"Tetap harus dilanjutkan untuk memberikan santunan kepada anak-anak yatim sebagai generasi yang akan meneruskan pembangunan ke depan sehingga harus dijamin terhadap pendidikan dan kebutuhan lain," Imron menambahkan.

"Jadi ini merupakan gerakan positif semoga bisa mengamflipikasi teman-teman DMI di tempat lain," Imron menegaskan.

Sementara itu, Ketua DMI Kelurahan Kayuringin Jaya, H Arifin Harahap menyampaikan terimakasih kepada pihak tuan rumah kegiatan yakni DKM Masjid Al Haq.

"Atas nama seluruh pengurus DMI mengucapkan terimakasih kepada pengurus DKM Masjid Al Haq yang telah menjadi tuan rumah," ucapnya.

Selain santunan, kata Arifin Prioritas DMI Kayuringin Jaya saat ini adalah mengurus legalitas seluruh masjid di Kayuringin Jaya yang dinilai sangat penting.

"Kita minta setiap DKM mengurus legalitas masjidnya dan akan dibantu oleh Ibu Hj. Agus Iriani dari DMI Kota Bekasi," Arifin menegaskan.

Sementara itu, Ketua Seksi Sosial RW 021 sekaligus koordinator kegiatan santunan di Kayuringin Jaya, H Irfangi menyebut kegiatan yang dilakukan bukan sekadar santunan melainkan silaturahmi antara DKM dan RW di Bekasi Selatan sehingga terjalin sinergi antara banyak pihak.

Menurut H Irfangi, kegiatan yang digagas sejak 2018 ini telah melakukan sejumlah aksi sosial antara lain santunan yatim, pembangunan Rutilahu, ambulans gratis, santunan kematian, biaya pendidikan dan legalitas masjid.

"Agar permasalahan yang ada di setiap DKM dan RW bisa dicarikan jalan keluar bersama, " kata H Irfangi.

Dalam kegiatan Santunan anak yatim ustadz H. Husein Usman menyampaikan tentang bagaimana mewujudkan Syukur Kepada Allah. 
Menurut Ustadz salah satu indikasi orang  itu bersyukur adalah mau mengucap Syukur dan Menjaga Lisan dengan Senantiasa Berkata Baik, selain itu menyadari bahwa Nikmat yang Diberikan Allah SWT Tidak terhingga, tidak mendustakan kenikmatan yang Allah berikan dan ikhlas menerima Kesenangan dan Kesedihan serta mau berbagi. 

Dalam kegiatan santuanan anak yatim juga diserahkanaplikasi Simas dan arah kiblat  Recomendasi dari kementerian agama kota bekasi untuk Masjid Al Anshor dan Masjid jamie Nurul lhsan. Selain itu juga diserahkan penghargaan kepada DKM Masjid Ar Ridho atas dedikasi dan konsistensi dalam penyelenggaran santunan anak yatim sejak tahun 2018.








Tidak ada komentar