Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Peduli Kesehatan Pelajar, Iropin Cabang Kota Bekasi Gelar Pemeriksaan Mata Gratis

| 21 Februari WIB |


LUGAS | Kota Bekasi - Ikatan Profesi Optometris Indonesia (Iropin) menggelar kegiatan Bakti Sosial (Baksos) pemeriksaan mata, penyuluhan kesehatan mata sekaligus pemberian kacamata gratis bagi pelajar dan guru di Ruang Serbaguna Ma'had Khairul Bariyyah RT.002/RW.004, Cimuning, Mustika Jaya, Kota Bekasi, Jawa Barat, Rabu (21/2/2024). 

Pimpinan Pondok Pesantren Khairul Bariyyah  sekaligus Kepala Madrasah Aliyah, Ustadz Nurul Hadi, S.Ag mengatakan para siswa sangat antusias dengan pemeriksaan mata oleh IROPIN, mereka akan mendapatkan kacamata gratis. 

Menurut dia, bakti sosial ini diikuti oleh138 pelajar Tsanawiyah maupun Aliyah dan diikuti oleh para guru. Kegiatan ini memberikan dampak positif bagi para pelajar, terutama mereka yang memiliki keterbatasan finansial untuk mencapai kesehatan mata, karena mata merupakan salah satu indera yang paling penting.

“Kami sangat bersyukur ada pihak yang peduli yaitu Iropin melalui Bapak Daeng Karna yang menghubungi kami dan kami adakan komunikasi dan harus ini terlaksana acara pemeriksaan kesehatan mata, beliau sangat peduli dengan kesehatan mata, oleh karena itu kami sangat berterimakasih kepada Bapak Daeng Karna dan tim dari Iropin. Kita tahu bahwa bagi mereka yang menderita refraksi, harga kacamata cukup tinggi. Hari ini siswa kami menerima pemeriksaan mata dan akan diberi kacamata gratis, berharap ini akan menjadi ladang pahala untuk tim Iropin dan akan berkelanjutan," kata Ustadz Nurul Hadi.

Sementara itu, Ali Mustofa, A.Md. RO Ketua Panitia Bakti Sosial Iropin Cabang Kota Bekasi, menyampaikan bahwa Iropin sebagai wadah organisasi bagi refraksionis optisi yang merupakan salah satu nakes di bidang kesehatan mata.

"Kami aktif dalam dalam kegiatan sosial, selain pemberian kacamata gratis, juga memberikan mutu pelayanan kesehatan mata, khususnya di optical dan klinik mata, jadi kami lakukan pelayanan kesehatan mata," jelasnya. 

Bakti Sosial pemeriksaan kesehatan mata dan pembagian kacamata gratis  di Ma'had Khairul Bariyyah dihadiri lagsung oleh Ketua Iropin Kota Bekasi Daeng Karna, A.Md.RO, Wawan Hermawan, A.Md.RO sekretaris Iropin Cabang Kota Bekasi dan jajajaran pengurus lainnya. 
Adapun dari pihak Ma'had Khairul Bariyyah dihadiri pimpinan Ponpes Khairul Bariyyah sekaligus Kepala MA, Ustadz Nurul Hadi, S.Ag., Wakil Pimpinan sekaligus kepala MTS Ustadz Najmi Arif, S.Pd., Kepala SDIT Khairul barriyah, Ibu Neni Salamatul hidayah, Wakil kepala bidang kesiswaaan dan para guru Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan Madrasah Aliyah (MA) serta para siswa dan guru. 

Sementara itu Kartono, A.Md.RO Humas Bakti Sosial Iropin Cabang Kota Bekasi mengatakan, memberikan penyuluhan dan membagikan kacamata gratis sebagai bentuk kepedulian terhadap masyarakat. 

“Kacamata yang kita bagikan ini disesuaikan untuk penderita kelainan refraksi tentunya kita akan melakukan pemeriksaan dulu," Ucap Kartono

Ia menjelaskan, pihaknya memberikan bakti sosial untuk membantu masyarakat kurang mampu, khususnya yang memiliki kelainan refraksi mata. 

"Hari ini kami ingin berbagi. Kami adakan penyuluhan, pemeriksaan mata dan pembagian kacamata gratis.Dari semua yang diperiksa, yang memiliki kelainan refraksi, kami segera menyediakan kacamata,” kata Kartono.

Kartono menempati bagaian penelitian dan pengembangan di Iropin,menurutnya indera penglihatan merupakan salah satu alat tubuh yang mempunyai fungsi sangat penting bagi manusia, untuk menerima informasi dari lingkungan kehidupan sekitarnya.Sehingga mampu beradaptasi dan mempertahankan hidup.Untuk itu dirinya mengimbau agar masyarakat tak takut dan malas dalam memeriksakan kesehatannya, khususnya kesehatan mata.

Untuk menghilangkan kejenuhan anak-anak di beri pertanyaan, dan dikasih hadiah bagi yang bisa menjawab. 

Taufik Alamsyah kelas 12 Salah satu siswa yang mendapatkan hadiah dan mengikuti pemeriksaan mata merasa senang dengan kegiatan pemeriksaan mata dan pembagian  kacamata gratis . 

"Saya senang dengan kegiatan ini, selain saya mendapat hadiah, nanti juga akan mendapatkan kacamata gratis, terimakasih iropin," kata Taufik. 

Senada yang disampaikan Taufik, Naila Istiana juga menyampaikan rasa senang atas kehadiran Iropin disekolahnya. 
" Terimakasih Iropin," tukas Naila. 

Daeng Karna, A.Md.RO Ketua Iropin Cabang Kota Bekasi

Ketua Iropin Cabang Kota Bekasi Daeng Karna, A.Md.RO mengatakan, sebanyak 138  siswa dilakukan proses skrining hari ini, yang nantinya akan dibuatkan kacamata gratis bagi siswa terdeteksi minus dan silinder dan apabila tidak ada kelainan atau normal siswa langsung dibolehkan pulang.

Menurut Daeng Karna gangguan kesehatan mata terjadi dari beberapa faktor, seperti keturunan, misalnya orang tuanya ada gangguan kesehatan mata, gangguan kesehatan mata yang terjadi karena benturan ataupun gangguan kesehatan  mata karena pencahayaan, selaian itu gangguan kesehatan mata karena faktor usia. 

"Kegiatan ini bisa dikatakan untuk mendeteksi dini bagi siswa, agar dapat optimal dalam menyerap pelajaran. Banyak juga yang memang tidak memakai kacamata, tetapi setelah diperiksa ternyata minus atau yang sudah memakai, namun minus bertambah," ujar Daeng. 
Lanjutnya, "Oleh karena itu dengan adanya baksos seperti ini kami berharap Iropin Cabang Kota Bekasi akan semakin dikenal masyarakat. Karena pihaknya perhatian akan penglihatan khususnya kepada anak-anak sekolah"

Masih menurut Daeng salah satu pemeriksaan kesehatan yang penting dilakukan secara berkala adalah periksa mata. Memiliki mata yang sehat adalah hal yang sangat berharga. Jika mata dan fungsi penglihatan bermasalah, tentu akan menghambat aktivitas sehari-hari serta kesulitan menikmati pemandangan. Jadi, pemeriksaan mata perlu dilakukan agar fungsi mata tetap terjaga dengan baik.














PROMO PAKET UMRAH

TIKET KAI NATAL/TAHUN BARU 2024

×
Berita Terbaru Update