Kapolres Tanjab Barat Pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat 2024




LUGAS | Tanjabbar - Bertempat di lapangan Mapolresta Tanjung Jabung Barat, Rabu (03/04/2024), digelar apel pergeseran pasukan pengamanan Hari Raya Idul Fitri 1445 H. 

Kapolresta Tanjung Jabung Barat, AKBP Agung Basuki, S.I.K., M.M., memimpin langsung Apel Gelar pasukan yang dihadiri oleh berbagai unsur masyarakat dan pemerintahan, seperti Bupati yang diwakili oleh Sekda Tanjab Barat, Forkompinda, Ketua pengadilan agama, Kajari Pengadilan Negeri Tanjabbar, serta personel gabungan dari unsur TNI-POLRI, Jasa Raharja, Dinas Perhubungan, Senkom, Pol PP, Pramuka, Dinas Kesehatan, dan pihak terkait lainnya.

Dalam amanatnya, Kapolri menyatakan bahwa Apel Gelar pasukan operasi ketupat 2024 merupakan langkah akhir persiapan untuk pengamanan mudik dan perayaan Hari Raya Idul Fitri 1445 H. Dia juga menyoroti peningkatan kepuasan masyarakat terhadap penanganan arus mudik tahun sebelumnya, yang mencapai 89,5%, meningkat 15,7% dibandingkan tahun sebelumnya.




Berbicara tentang potensi pergerakan masyarakat, survei Kementerian Perhubungan RI memperkirakan peningkatan sebesar 56,4% menjadi 193,7 juta orang. 

Presiden menyoroti peningkatan ini sebagai tantangan yang harus dijawab dengan pemasangan operasi terpusat dengan sandi "Ketupat 2024", melibatkan 155.165 personel selama 13 hari dari tanggal 4 hingga 16 April 2024.

Operasi ini menyiapkan 5.784 pos, termasuk pospam, posyan, dan pos terpadu, untuk memberikan pelayanan prima dan pengamanan optimal di jalur rawan kemacetan, kecelakaan, kriminalitas, dan bencana alam serta di pusat keramaian.

Dalam konteks penyeberangan laut, diprediksi pengguna kapal penyeberangan akan mencapai 10,65 juta orang. 

Ketua Senkom Tanjung Jabung Barat, H. Suwandi, beserta anggota Senkom Mitra Polri turut hadir dalam apel gelar pasukan dengan harapan agar pengamanan dapat berjalan optimal, memberikan rasa aman, ceria, dan penuh makna bagi masyarakat.

Ketua Senkom Mitra Polri Tanjabbar menyatakan bahwa Senkom akan bergabung dalam pengamanan Ops Ketupat sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat, negara, dan bangsa.

"Semoga situasi mudik lebaran tahun ini dapat berjalan aman dan kondusif, memberikan kesempatan bagi seluruh lapisan masyarakat untuk merayakan Idul Fitri dengan penuh kegembiraan dan persatuan," ucap H. Suwandi. (L/wanito)

Tidak ada komentar