LDII KBB Berkontribusi dalam Pemantauan Hilal 1 Zulhijah 1445H

LDII KBB Berkontribusi dalam Pemantauan Hilal 1 Zulhijah 1445H


LUGAS | Bandung Barat - Tim Rukyatul Hilal Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) Kabupaten Bandung Barat (KBB) kembali menunjukkan komitmennya dalam membantu pemerintah menentukan awal bulan Zulhijah 1445H. Pemantauan hilal dilakukan pada Jum'at (07/06/2024) di Observatorium Bosscha, Lembang.

Acara ini turut dihadiri oleh Kepala Seksi Bimas Islam Kemenag Kabupaten Bandung Barat, H. Didin Saepudin, S.Pd.I, MM, yang menyampaikan apresiasinya kepada LDII KBB atas partisipasi aktif mereka dalam kegiatan rukyatul hilal.

"Di KBB ada dua lokasi pemantauan hilal, di Bosscha dan di Imah Noong. Kami mengapresiasi ormas yang ikut melaksanakan rukyatul hilal, salah satunya adalah LDII. Saya juga kebetulan dari Badan Hisab dan Rukyat Daerah (BHRD) Kabupaten Bandung Barat sekaligus Kasi Bimas Islam Kabupaten Bandung Barat," ujar Didin.

Didin berharap ke depannya semua organisasi masyarakat (ormas) dapat berpartisipasi dalam kegiatan rukyatul hilal, mengingat pentingnya peran ormas dalam kegiatan tersebut. "Harapan saya kedepannya, semua ormas bisa melakukan rukyatul hilal, karena setiap ormas mempunyai lembaga hisab rukyat. Di LDII sejak beberapa tahun yang lalu sudah senantiasa aktif melakukan rukyatul hilal," tambahnya.

Dalam kesempatan yang sama, Dewan Penasehat DPD LDII KBB, H. Yasun Yusron, menyatakan bahwa partisipasi LDII dalam pemantauan hilal adalah bagian dari kontribusi mereka dalam membantu pemerintah. "LDII punya delapan program pengabdian bangsa, salah satunya ini. LDII berkontribusi dalam bidang pemantauan hilal yang akan bermanfaat untuk masyarakat," jelas Yasun.

Asisten Pemerintahan dan Kesra Kabupaten Bandung Barat, Drs. H. Asep Sehabudin, turut hadir dan menyampaikan harapannya agar pemerintah dapat terus memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. "Mudah-mudahan kami dari unsur pemerintahan bisa memberikan pelayanan kepada masyarakat, karena mau tidak mau bagi umat Islam, 1 Zulhijah sangat menentukan untuk pelaksanaan Idul Adha," ujarnya.

Berdasarkan data awal, konjungsi terjadi pada 6 Juni 2024 pukul 19:37:44 WIB, dengan matahari terbenam pada 17:40:34 WIB dan bulan terbenam pada 18:25:30 WIB. Selisih waktu terbenam antara matahari dan bulan adalah 44 menit, dengan usia bulan saat matahari terbenam 22 jam 02 menit. Elongasi bulan (geosentrik) tercatat sebesar 12° 39' 47,9" dan elongasi bulan (toposentrik) sebesar 11° 54' 32,1". Iluminasi bulan mencapai 1,08%, dengan tinggi matahari -00° 49' 59,9" dan tinggi bulan 08° 30' 42,3". Azimuth matahari adalah 292° 53' 13,9" dan azimuth bulan adalah 300° 17' 38,5", sehingga hilal terlihat mulai pukul 16:02 WIB.

Selain H. Didin Saepudin, acara pemantauan hilal ini juga dihadiri oleh unsur Pengadilan Agama Kabupaten Bandung Barat, Kabag Kesra Kabupaten Bandung Barat, Asisten Pemerintahan dan Kesra Kabupaten Bandung Barat, serta Tim Rukyatul Hilal DPD LDII Kabupaten Bandung Barat.

 

 

 

Laporan LUGAS KBB M. Ramlan

Tidak ada komentar