PC LDII Bekasi Utara Gelar Shalat Idul Adha 1445 H di Parkiran Mall Ex-Giant (Planet Plaza) Teluk Pucung


LUGAS | Kota Bekasi - Pimpinan Cabang (PC) Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) Kecamatan Bekasi Utara melaksanakan sholat Idul Adha di halaman parkir  Ex-Giant (Planet Plaza) Teluk Pucung, Kecamatan Bekasi Utara, Kota Bekasi, Jawa Barat, senin (17/6/2024). 

Sejak pagi banyak warga yang terlihat antusias berbondong-bondong hadir untuk ikut melaksanakan Sholat Idul Adha. Mulai dari anak-anak hingga orang dewasa memadati area yang telah disediakan oleh panitia.

Tepat pukul 06.00 waktu setempat, halaman parkir sudah mulai dipadati kendaran bermotor dan mobil dan shaf-shaf sudah mulai terisi jamaah sholat ied. Mengingat pentingnya kelurusan  shaf, panitia membentuk tim shaf untuk mengatur dan memastikan agar shafnya benar-benar lurus. 

Ketua panitia Shalat Idul Adha 1445 H tahun 2024 PC LDII Bekasi Utara Sumartiyo, menyampaikam, shalatnya ini menyesuaikan dengan penetapan pemerintah. Adapun lokasi kami siapkan ditempat yang sesuai jumlah jamaah yang hadir. 

” Alhamdulilah persiapan 100% untuk salat Idul adha dan penyembelihan hewan kurban di PC LDII Bekasi Utara, adapun Planet Plaza menjadi lokasi yang strategis untuk para jamaah dan tempatnya luas, fasilitas tersedia dengan baik” ujarnya kepada awak media.

Tampak Hadir Pembina LDII Bekasi Utara,  H. Arif Alamsyah, H. Komari, H.Sena, Saryaka, Buchori, Tugiono Ketua PC LDII Bekasi Utara, Nursyahbana PC LDII Babelan, Abdul Azis PC LDII Tambun Utara, Afif Firdaus PAC LDII Teluk Pucung, Sumartiyo Ketua Yayasan Baitul Aziz dan para tokoh LDII dan masyarakat serta warga.

Ustadz H. Qomari memberikan taushiah agama kepad jamaah Shalat hari raya Idul Adha yang terdiri dari berbagai profesi itu. Dalam tausyiahnya itu membeberkan dasar syariat Islam dalam berqurban.

“Dalam Shohih Bukhori diriwayatkan tentang Rosulullah SAW yang menyabdakan bahwa barang siapa yang menyembelih Qurban sebelum sholat ied maka kurbannya tidak sah dan dianggap sebagai sembelihan biasa,”ujar ustadz .

Untuk itu beliau mengajak kepada seluruh jamaah untuk menata niat dalam berkurban.

“Maka marilah kita laksanakan qurban ini dengan landasan ketaqwaan. Kita niatkan qurban kita semata-mata lillahi ta’ala, bukan sekedar untuk agar bisa pesta daging,”.ungkapnya.

Dalam rangka ketaqwaan ini beliau menekankan agar sebanyak mungkin dari daging hewan qurban untuk dishodakohkan kepada kaum fakir miskin dan dhuafa.

Ibadah qurban dengan bentuk penyembelihan hewan ternak domba, kambing, sapi, kerbau dan unta merujuk pada peristiwa sejarah Nabi Ibrahim yang diperintah untuk menyembelih anak kesayangannya, Ismail AS. Dikisahkan Nabi Ibrahim as. diperintah oleh Allah SWT untuk menyembelih anaknya melalui mimpi.

"Hikmah yang dapat kita ambil dari kisah tersebut adalah ketaqwaan nabi Ibrahim sangat tinggi,  nabi Ibrahim mencintai Alah SWT melebihi apapun yang ada di dunia ini walaupun itu anaknya sendiri," Terang H. Qomari. 

Demikian juga ibadah sembelih hewan Qurban, yang kita laksanakan setiap Idul Adha ini, adalah salah satu perintah Allah  yang tersurat dalam AlQuran , “Maka dirikanlah sholat dan berqurbanlah."

Menurut H. Qomari Idul Adha juga merupakan momentum memperkuat tali persaudaraan di antara umat Islam dan meningkatkan empati dan solidaritas.

Maka jelaslah bahwa ibadah Qurban yang kita laksanakan hari ini adalah sebagai wujud ketaqwaan kita kepada Allah .Pungkas H. Qomari. 

Tugiono, ketua Pimpinan Cabang (PC) Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) Kecamata Bekasi Utara mengatakan.

“Bahwa dalam Idul Adha ini kita menggemakan takbir dan tahmid sebagai pernyataan keagungan kita kepada Allah SWT. Hari raya qurban ini juga sebagai momen perekat bangsa, dimana kita bisa berbagi daging Qurban yang telah kita sembelih kepada sesama.” tukas Tugiono. 

“Yang Shalat Idul Adha tadinya kami perkirakan 700 orang, tapi ternyata info dari panitia yang bertugas sampai 1000 orang, ini kita syukuri tahun ini bisa melaksanakan dengan lancar,” jelas Tugiono. 

“Rangkaian Shalat Idul Adha pertama adalah takbir bersama. Setelah utu khutbah dimana pada saat khutbah terdapat pesan moral yang bisa dijadikan pelajaran hidup. Nabi IIbrahim beserta Nabi Ismail begitu kuatnya iman dan taqwa mereka. Ini yang bisa kita jadikan pelajaran terkhusus umat muslim.”

“Selain shalat idul adha di tempat ini kami juga mengadakan penyembelihan hewan kurban berupa sapi dan kambing. Harapan saya sebagai Ketua PC LDII supaya ukhuwah islamiyah terus ditingkatkan sehingga kerukunan antar umat beragama bisa terus terjalin," tandas Tugiono. 

Sebagai Ketua PC LDII, Tugiono juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada,.jajaran pengurus PC LDII Bekasi Utara, Dewan Kemakmuran Masjid Baitul Aziz, Yayasan Baitul Aziz Al Jabbar, Senkom Mitra Polri, Remaja dan pramuka Sako Persada Nusantara Baiturosyidin Tambun Utara,  TNI, Polri dan manajemen Planet Plaza. 

Menurut Tugiono, Kesuksesan kegiatan shalat idul adha juga tidak lepas dari kepanitiaan  remaja LDII yang sangat sigap yang diketuai Dafa Alfian dengan 30 anggota panitia yang dipimpinnya. Selain peran dari remaja LDII diperbantukan juga dari Pramuka Sako Persada Nusantara Baiturosyidin Tambun Utara dan pengamanan dari Senkom Mitra Polri Bekasi Utara.  (Agus W)

















Tidak ada komentar