Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

1.133 Siswa SMP di Jateng Tak Lulus UN

| 01 Juni WIB |

TABLOIDLUGAS.COM | Semarang - Hasil Ujian Nasional (UN) tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Provinsi Jawa Tengah menunjukkan jumlah siswa yang tidak lulus mencapai 1.133 siswa. Meski demikian salah satu SMP Negeri di Jawa Tengah juga meraih prestasi menjadi peringkat pertama nasional untuk nilai rata-rata sekolah tertinggi.

Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jateng, Nur Hadi Amiyanto mengatakan dari total 492.339 siswa yang menjadi peserta UN di 4.783 SMP di Jateng, angka ketidak lulusan hanya 0,23 persen sehingga membuat persentase tingkat kelulusan naik dari tahun kemarin.

"Dalam persentasenya, kelulusan UN SMP di Jateng mencapai 99,77 persen atau naik sekitar 0,616 persen dari tahun sebelumnya 99,15 persen," kata Nur di gedung Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah, Jl Pemuda, Semarang, Jumat (31/5/2013).

"Untuk yang tidak lulus terdiri atas 762 siswa SMP, 259 siswa Madrasah Tsanawiyah (MTs), dan 112 siswa SMP terbuka," imbuhnya.

Ia menambahkan, salah satu SMP di Jawa Tengah menduduki peringkat pertama untuk nilai rata-rata UN yaitu SMPN 1 Magelang. Nilai total rata-rata UN di SMP N 1 Magelang mencapai 36,56 dari empat mata pelajaran.

"Tahun kemarin SMPN 1 Magelang juara pertama di tingkat Jateng dan tahun ini di tingkat nasional," tandasnya.

Salah satu siswa di SMP N 1 Magelang bernama Setiati Nur Chasanah, lanjut Nur, menduduki peringkat kedelapan UN secara nasional. Untuk peringkat kesembilan dan kesepuluh nasional juga diperoleh siswa di Jawa Tengah.

"Peringkat kesembilan diperoleh Martus Solichah dari SMPN 1 Salaman dan kesepuluh Farrell Gerrard A dari SMP Masehi Temanggung. Ketiga siswa tersebut meraih nilai rata-rata UN 9,84," pungkas Nur.

Sementara itu untuk pengumuman kelulusan akan dilakukan serentak besok Sabtu (1/6) pukul 15.00 WIB untuk mencegah adanya coret-coret ataupun konvoi seperti yang terjadi pada kelulusan UN tingkat SMA minggu lalu. [L/detik]

PROMO PAKET UMRAH

TIKET KAI NATAL/TAHUN BARU 2024

×
Berita Terbaru Update