• Latest News

    Bendungan Way Ela Maluku Jebol, BNPB Gelar Tanggap Bencana

    TABLOIDLUGAS.COM | Jakarta - Sekitar 32 orang dilaporkan terluka dalam insiden jebolnya Bendungan Way Ela di kabupaten Maluku Tengah, Maluku. Sebanyak 5.227 orang diungsikan ke tempat yang lebih aman untuk menghindari jatuhnya korban.

    "Data sementara, ada 8 orang luka berat dan 24 lainnya luka ringan," kata Kepala Pusat Data dan Informasi Badan Nasional Penanggulangan Bencana Sutopo Purwonugroho di Jakarta, Kamis (25/7/2013).

    BNPB, tambah Sutopo, mengirimkan bantuan logistik dan personel untuk membantu warga. Bantuan itu dikirim dengan 2 pesawat Hercules C-130 milik TNI Angkatan Udara. "Bantuan diangkut melalui udara ke Bandara Ambon. Penanganan darurat masih dilakukan," tutur dia.

    Bendungan Way Ela jebol pada pukul 10.30 WIT siang ini. Diduga bendungan tidak kuat menahan tekanan air yang volumenya terus bertambah akibat turunnya hujan lebat secara terus menerus.

    "Hujan terus turun sehingga dikhawatirkan bagian bendung dapat jebol keseluruhan," ujar Sutopo.

    Masyarakat di sekitar Way Ela diminta tetap siaga karena curah hujan masih tinggi. Menurut Sutopo tipe iklim di Maluku adalah tipe lokal yang dipengaruhi oleh perairan sekitar Maluku, sehingga puncak hujan terjadi pada Juli. (L/topik)
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: Bendungan Way Ela Maluku Jebol, BNPB Gelar Tanggap Bencana Rating: 5 Reviewed By: Redaksi 2.0
    Scroll to Top