• Latest News

    BRTI Cek Kualitas Layanan Operator, Senkom Sambut Baik Penambahan Kuota Bandwith

    TABLOIDLUGAS.COM | #Infomudik - Menteri Kominfo Tifatul Sembiring pada tanggal 29 Juli 2013 beserta pejabat terkait dan para direksi penyelenggara telekomunikasi melepas keberangkatan konvoi rombongan kendaraan dari BRTI (Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia), 10 penyelenggara telekomunikasi dan sejumlah organisasi yang bergerak di bidang komunikasi, seperti Senkom Mitra Polri yang merupakan mitra kerja telekomunikasi di Posko Nasional Lebaran.

    Test drive atau pengecekan kualitas layanan telekomunikasi ke sejumlah rute tertentu yang diperkirakan akan sangat padat arus mudik saat suasana Lebaran, yaitu arah Merak dan Bakauheni, Cirebon, Tasikmalaya serta dari Semarang ke arah Solo dan terus menuju Surabaya.

    "Test drive atau pengecekan kualitas layanan telekomunikasi tersebut sesungguhnya sudah rutin dilakukan sejak tahun 2007. Tujuan utama test drive tersebut adalah untuk mengetahui kesiapan para penyelenggara telekomunikasi dalam menghadapi kemungkinan lonjakan trafik penggunaan layanan telekomunikasi di saat suasana Lebaran 2013," ujar Kepala Informasi dan Humas Kemenkominfo Gatot S.Dewa Broto di Jakarta.

    Pada saat suasana Lebaran (H-1 hingga H+1), biasanya terjadi lonjakan trafik layanan telekomunikasi secara umum hingga sekitar 20% hingga 37% dari hari-hari biasa, atau secara total diperkirakan akan ter-deliver sebanyak 7 milyar SMS yang saling terkirim di seluruh penyelenggara telekomunikasi di Indonesia pada H-1, H dan H+1 (sementara pada tahun sebelumnya rata-rata dalam satu hari di hari H terkirim sebanyak sekitar 4 milyar SMS).

    Lonjakan pengiriman SMS selama 3 hari itu meski tinggi, tetapi faktanya mengalami penurunan hingga sekitar 21% dibandingkan Lebaran 2012 dan juga turun hingga 2% dibandingkan hari-hari biasa di sepanjang Januari s/d Juli 2013.

    Meskipun layanan SMS masih tetap tinggi, tetapi sesungguhnya tidak mengalami peningkatan (bahkan cenderung agak stagnan dan di beberapa  penyelenggara bahkan turun), karena kini banyak warga masyarakat yang menggunakan layanan data lainnya seperti BBM, WhatsApp Messenger, Line, Tango, Kakao Talk dan Email.

    Untuk layanan suara, diperkirakan secara total akan berlangsung pembicaraan hingga 6.684.000.000 menit dalam 3 hari tersebut pada saat yang bersamaan dari puluhan juta pengguna layanan telekomunikasi, baik untuk berinteraksi saat mudik atau kemacetan arus mudik dan juga saat bersilaturahim atau meningkat sekitar rata-rata 14% jika dibandingkan Lebaran 2012 dan naik  sekitar 21% dari kondisi normal hari-hari biasa di sepanjang Januari s/d Juli 2013.

    Adapun untuk komunikasi data internet diperkirakan mengalami kenaikan hingga sekitar 238 terabytes atau meningkat sekitar rata rata 26 % hingga 65% jika dibandingkan kondisi normal.

    Senkom Mitra Polri selaku salah satu pengendali komunikasi di Poskonas terpadu Kemenhub dan NTMC Lantas Polri menyambut gembira atas layanan para operator penyelenggara telekomunikasi yang menaikkan kapasitas bandwith. Karena selaku pengendali komunikasi dengan jumlah posko mencapai 513 di seluruh Indonesia dengan fokus Sumatera Bagian Selatan, Jawa, dan Bali, arus komunikasi antar posko maupun posko dengan pusat pengendali akan membutuhkan kapasitas bandwith cukup tinggi, baik melalui SMS, beragam aplikasi lain, data, audio dan video. Belum lagi jumlah SMS yang akan meningkat melalui Nomor SMS Senkom Information Center 0813-8724-4622 serta lalulintas data melalui www.senkom.or.id/pemantauan. [L/AgusWibowo]
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: BRTI Cek Kualitas Layanan Operator, Senkom Sambut Baik Penambahan Kuota Bandwith Rating: 5 Reviewed By: Redaksi 2.0
    Scroll to Top