Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Polda Jambi - Korem 042/Gapu Bina Mitra Bersama untuk Wujudkan Stabilitas Kamtibmas

| 19 Oktober WIB |
TABLOIDLUGAS.COM | Jambi - Kamtibmas dan Pertahanan Nasional merupakan tanggung jawab seluruh warga Negara, dimulai dari lingkungan masing-masing. Oleh sebab itu, Polda dan Korem Jambi merasa berkepentingan untuk melakukan pembinaan terhadap potensi masyarakat, dalam hal ini para pemuda yang tergabung dalam Senkom Mitra Polri.

Peserta pembinaan bertajuk Kamtibmas dan Bela Negara ini diikuti oleh  sebanyak 350 orang utusan dari sepuluh Kabupaten se-Jambi dan Kota Jambi atau sepuluh persen dari jumlah anggota Senkom se-Propinsi Jambi.

Dalam acara yang melibatkan Polda, Korem, BPBD dan Basarda ini dilaksanakan selama 2 hari selama sabtu-minggu (19-20/10/2013).

Melalui sambutannya, Ketua Umum Senkom Mitra Polri menyatakan bahwa Senkom sebagai ormas yang berdisi sejak 1 Januari 2004 merupakan pengejawantahan dari UU No. 2 / 2002 tentang Kepolisian Republik Indonesia, mengenai Pam Swakarsa.

Sementara itu Kapolda Jambi Brigjen Pol Satria Hari Prasetya, dalam sambutan pembukaan mengungkapkan bahwa selama ini kerjasama kepoisian dan TNI di wilayah hukum Jambi cukup baik sehingga kamtibmas relatif kondusif. "Meskipun masih ada kerawanan konflik sosial namun dengan kerjasama dengan TNI dan juga rekan-rekan Senkom kita berharap stabilitas kamtibmas masyarakat dapat diantisipasi agar tidak terjadi konflik sosial tersebut," kata Kapolda.

Kepada peserta, Kapolda juga berharap kepada Senkom untuk mengikuti orientasi yang diberikan oleh Polri, TNI, Basarda dan BPBD agar segera dapat dirasakan manfaatnya berupa outcome peran strategis Senkom.

"Mengingat informasi itu sangat penting dan sangat membantu dalam Kamtibmas," kata Kapolda.

Senkom (Sentra Komunikasi) dalam domain tugasnya membantu pemerintah menginformasikan gangguan kamtibmas, kebencanaan dan bela Negara menggunakan peralatan-peralatan komunikasi dari yang tradisional hingga alat komunikasi canggih sehingga dapat melakukan lapsit kamtibmas lokal maupun nasional setiap pagi dan malam hari.

Pembinaan terhadap Senkom Jambi ini merupakan rangkaian dari roadshow PP Senkom ke seluruh wilayah Indonesia, terutama terhadap anggota baru yang pada tahun 2013 ini melakukan rekrutmen terhadap 60 ribu anggota.

Kepala Humas Senkom, Mahar Prastowo, juga mengungkapkan bahwa usai Pilpres 2014 mendatang, akan dilakukan rekrutmen anggota baru sebagai relawan bencana.

"Penerimaan anggota baru ini akan kami lanjutkan pada tahun 2014 khususnya untuk personil yang membidangi kebencanaan," demikian disampaikan Mahar.

Sementara itu Kasrem 042/Garuda Putih Letkol Inf Lilik Sudaryani mengungkapkan, selain gangguan kamtibmas berupa potensi konflik antar masyarakat, yang perlu diwaspadai di Jambi antara lain potensi konflik yang melibatkan masyarakat dengan perusahaan pertambangan dan perkebunan. "Selain itu juga masalah terorisme yang baru-baru ini diarahkan kepada alat negara dalam hal ini kepolisian," kata Letkol Inf Lilik Sudaryani.(vic/lan)

PROMO PAKET UMRAH

TIKET KAI NATAL/TAHUN BARU 2024

×
Berita Terbaru Update