728x90 AdSpace

  • Latest News

    Indonesia Kirim Bantuan US$2 Juta ke Filipina

    LUGAS | Internasional - Pemerintah Indonesia akan memberikan bantuan kepada korban Topan Haiyan di Filipina, dan berkoordinasi untuk membantu negara itu mengatasi bencana yang menelan puluhan ribu korban jiwa.

    Menko Kesra Agung Laksono mengemukakan, pemerintah Indonesia akan memberikan sumbangan senilai US$2 juta. "Bantuan akan diserahkan dalam waktu dekat melalui Kedutaan Besar Filipina di Indonesia,” kata Agung Laksono dalam siaran pers yang diterima.

    Agung menerangkan, rincian bantuan yang diberikan Indonesia berupa uang tunai sebesar US$1 juta dan US$1 juta lagi dalam bentuk natura atau kebutuhan makanan. Adapun dananya diambil dari pos APBN.

    Agung menambahkan, bantuan tersebut sebagai rasa solidaritas kawasan di ASEAN yang tertimpa musibah. Bantuan pemerintah Indonesia ini juga sesuai dengan instruksi Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dalam kapasitas negara sahabat dan komunitas ASEAN.

    "Pemerintah Indonesia menyadari saat ini adalah saat situasi sulit bagi pemerintah dan rakyat Filipina, serta terus berkoordinasi mengetahui kebutuhan Filipina," kata Agung.

    Agung mengingatkan solidaritas antarkawasan Asean ini juga telah diberikan kepada Indonesia saat tertimpa musibah tsunami di Aceh, dimana Indonesia mendapat bantuan dari berbagai negara termasuk Filipina dengan bantuan helikopter untuk mengevakuasi korban.

    Sebagaimana diketahui, Topan Haiyan termasuk dalam topan kategori lima yang menerjang kepulauan di Filipina dengan kecepatan angin sekitar 275 kilometer per jam meluluhlantakan rumah dan menenggelamkan ribuan orang tewas di Propinsi Leyte, Filipina Tengah.(L/met/k)
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: Indonesia Kirim Bantuan US$2 Juta ke Filipina Rating: 5 Reviewed By: Redaksi 2.0
    Scroll to Top