728x90 AdSpace

  • Latest News

    Wakatobi Identifikasi 13 Orang Pengidap HIV/AIDS

    Ilustrasi penderitaan pasien HIV/AIDS
    TABLOIDLUGAS.COM |  Hasil identifikasi Lembaga Advokasi HIV AIDS (LAHA) Sultra , pada tahun 2013 ada 13 orang pengidap penyakit HIV di Kabupaten Wakatobi.  Demikian disampaikan Iwan Ahmadi dari Lembaga Advokasi HIV AIDS (LAHA) Sultra  dalam kesempatan Sosialisasi dan Advokasi HIV AIDS Kabupaten Wakatobi.

    Menurut Iwan,  bahwa hasil ini belum merupakan jumlah total penderita HIV/AIDS di Wakatobi, karena menurutnya, bukan tidak mungkin masih banyak yang tidak teridentifikasi. “13 orang itu yang berhasil diidentifikasi, mungkin masih banyak yang belum (teridenfikasi,red)”, ungkapnya.

    Hal senada juga disampaikan La Ode Rasinu, Sekretaris KPA Kabupaten Wakatobi, bahwa memang benar di Wakatobi sudah teridentifikasi 13 orang pengidap penyakit HIV/AIDS berdasarkan laporan instansi  pemerintah maupun non pemerintah.

    “Ini butuh perhatian dari semua kalangan baik lembaga pemerintah maupun masyarakat pada umumnya”,  jelas La Ode Rasinu.

    Sementara itu Suriadin dari Lembaga Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia (IAKMI) Kabupaten Wakatobi, menjelaskan bahwa  penularan HIV AIDS tidak seperti penyakit lainnya. “HIV AIDS menyebar bukan karena berjabat tangan, penggunaan toilet bersama, makan bersama. Ttidak melalui interaksi social,” tegasnya. Lanjut Suriadin, “penularannya lebih kepada hubungan seksual beresiko, penggunaan jarum suntik secara bersama-sama, transfusi darah dan tidak menular melalui binatang.”

    “Pencegahan penularan HIV/AIDS yang paling efektif adalah dengan setia pada  pasangan, disamping tidak menggunakan jarum suntik bersama, tidak melakukan transfusi darah yang terinfeksi HIV/AIDS,” ujar Suriadin.

    Suriadin juga mengingatkan bahwa kondom tidak seratus persen sebagai pencegah, tetapi hanya sebagai pemutus mata rantai penularan HIV/AIDS,  dan yang pasti, tidak terhindar dari dosa zina bagi pelakunya. (L/LOR)
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: Wakatobi Identifikasi 13 Orang Pengidap HIV/AIDS Rating: 5 Reviewed By: Redaksi 2.0
    Scroll to Top