728x90 AdSpace

  • Latest News

    Ahok: Buruh Bukan Kekurangan, Tapi Pengen Lebih

    TABLOIDLUGAS.COM | Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama mengatakan, melihat barang-barang yang digunakan para buruh, sesungguhnya mereka tidak kekurangan. Hanya saja, mereka ingin mendapat lebih.

    "Selama ini kita bisa lihat handphone-nya keren-keren, naik motornya keren-keren. Jadi persoalannya bukan kekurangan, tapi pengin lebih," tukas pria yang akrab disapa Ahok itu di Balaikota Jakarta, Jumat (2/5/2014).

    Basuki mengatakan, standar UMP hanya start awalnya. Setelah itu bisa mendapat kelebihan tergantung permintaan dan penawaran antara buruh dan perusahaan.

    Status kepegawaian dan gaji para buruh sebenarnya tergantung dari apa yang ia lakukan di perusahaan tempatnya bekerja. Menurut dia, semua perusahaan pasti akan mempertimbangkan segala hal jika ingin mengangkat pekerjanya menjadi pegawai tetap.

    Basuki mengatakan, sangat tidak mungkin apabila pemangku kebijakan mengintervensi perusahaan agar mengangkat para buruhnya menjadi pegawai tetap. Adapun yang bisa dilakukan pemangku kebijakan adalah menerapkan regulasi, dalam hal melarang perusahaan menerapkan sistem outsourcing.

    "Outsourcing memang tidak boleh. Tapi kan kalau Anda ingin jadi pegawai tetap, perusahaan tentu mikir-mikir. Sama kayak PNS. Waktu masih honorer mohon-mohon, begitu sudah jadi PNS kerjanya malah sembarangan. Khawatirnya seperti itu," kata Basuki

    Apalagi, kata Basuki, perusahaan tentu tak ingin apabila nantinya telah diangkat, justru buruh membuat ulah yang merugikan perusahaan. Dan, yang lebih parah, ujarnya, perusahaan harus memberi pesangon apabila ingin memberhentikan buruh tersebut.

    "Sekarang ini kan undang-undangnya yang jadi persoalan. Kalau ada yang nyolong terus diberhentikan, perusahaan harus tetap bayar kompensasi. Bagaimana bisa ada undang-undang seperti itu. Nyolong dan diputuskan bersalah pun, perusahaan harus tetap bayar. Nanti semua orang akan nyolong dong," ujarnya.

    Karena itu, Basuki menyarankan agar para buruh untuk lebih giat lagi bekerja. Jadi, lanjutnya, peningkatan kesejahteraan ditentukan sendiri di tangan buruh. [L/K]

    Ket.foto: Motor-motor keren para buruh |ist
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: Ahok: Buruh Bukan Kekurangan, Tapi Pengen Lebih Rating: 5 Reviewed By: Redaksi 2.0
    Scroll to Top