Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Merampok Bank, ISIS Pengganas Terkaya di Dunia

| 16 Juni WIB |
TABLOIDLUGAS.COM | Jakarta - Kelompok pemberontak Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) semakin merajalela dengan menguasai hampir sepertiga wilayah Irak. Mereka juga mengosongkan isi bank di kota Mosul. Ditambah rampasan perang lainnya, ISIS kini menjadi kelompok pengganas atau teroris paling kaya di seluruh dunia.

Diberitakan Washington Post, Minggu (15/6), ISIS berhasil merampas uang dari bank pusat kota sebesar 500 miliar dinar Irak atau lebih dari Rp 50,2 triliun.

Tidak hanya itu, menurut Gubernur Provinsi Nineveh, Atheel al-Nujaifi, ISIS juga menggasak uang dari beberapa bank di kota tersebut, termasuk emas-emas batangan di dalam brankas.

Selain itu, kelompok ini juga berhasil merampas tank-tank buatan Amerika Serikat, helikopter Blackhawk, kendaraan Humvee, pesawat kargo dan persenjataan lainnya. Perangkat tempur yang direbut itu adalah sumbangan dari AS seharga Rp 14 miliar dolar AS untuk membantu militer Irak.

Disamping dari rampasan perang, ISIS juga mendapatkan banyak dana dari berbagai tindak kriminal, seperti perampokan bank, pemerasan dan juga donasi dari sponsor yang tersebar di seluruh jazirah Arab.

Berdasarkan daftar kekayaan kelompok teror seperti dimuat Money Jihad, ISIS juaranya. Anggaran operasional Taliban selama setahun senilai antara Rp827 miliar hingga Rp4,7 triliun, masih jauh dari jumlah uang yang dimiliki ISIS saat ini.

Kelompok lainnya juga tertinggal dalam soal finansial. Misalnya separatis FARC di Kolombia punya anggaran tahunan senilai antara Rp 946 miliar hingga Rp 4,1 triliun. Sementara kelompok Al-Shabab di Somalia anggaran tahunannya senilai antara Rp 827 miliar hingga Rp 1,1 triliun.

Sedangkan Al-Qaeda saat melakukan serangan 11 September 2001 ke AS menghabiskan dana hingga Rp 354 miliar, berdasarkan data Dewan Hubungan Luar Negeri di Washington. Aron Lund, ahli Timur Tengah yang berbasis di Stockholm mengatakan, selain untuk persenjataan, uang ini akan digunakan ISIS untuk mengambil hati masyarakat di kota-kota Yang mereka kuasai. [L]

PROMO PAKET UMRAH

TIKET KAI NATAL/TAHUN BARU 2024

×
Berita Terbaru Update