728x90 AdSpace

  • Latest News

    Amankan Lebaran, Senkom Mitra Polri Siagakan Anggota di 695 Titik

    TABLOIDLUGAS.COM | Jakarta - SENKOM (Sentra Komunikasi) Mitra Polri sebagaimana tahun-tahun sebelumnya, pada tahun ini turut berperan aktif dalam kegiatan posko siaga pengamanan arus mudik lebaran. Jika pada tahun lalu posko dan titik siaga SENKOM mencapai 613 titik, pada tahun ini mencapai 695 titik dari target 650 titik di seluruh Indonesia. “Jumlah titik siaga bisa berubah sesuai kebutuhan dan situasi yang berkembang,” kata Untung Maulana, Ketua Senkom Mitra Polri.

    Pusat pengendalian titik siaga dan posko Senkom berada di lantai 2 Korlantas Mabes Polri dan lantai 7 Kementerian Perhubungan.

    Sebagai ormas yang membantu pemerintah dengan klaster utama komunikasi, SENKOM aktif di klaster  kamtibmas (Sentra Komunikasi Kamtibmas), klaster Bencana (Sentra Komunikasi Kebencanaan), Klaster Hankamnas (Sentra Komunikasi Bela Negara).

    Ketiga klaster dilibatkan dalam siaga pengamanan arus mudik tahun ini, di seluruh Indonesia, dengan fokus pada wilayah yang memiliki kepadatan lalu lintas seperti di sepanjang jalur lintas darat Sumatera dan Jawa. Sesuai perannya dalam komunikasi dan informasi, para petugas SENKOM di setiap titip membekali diri dengan berbagai alat informasi analog maupun digital yang dari pusat langsung dibawah komando Koordinator Bidang Telematika, Lukman A. Fattah.

    Titik siaga Senkom ada di posko mandiri, posko bersama dan titik-titik rawan lain ditengah lingkungan masyarakat.  Cara kerja Senkom adalah bekerjasama dengan aparat terkait apabila menemui kejadian atau peristiwa yang butuh penanganan, dengan segera menginformasikan kepada aparat terdekat.

    Disamping itu berbagai informasi mengenai arus mudik dapat diakses melalui www.senkom.or.id atau untuk yang menggunakan aplikasi android pada perangkat telepon genggamnya dapat mengakses secara mobile dengan membuka melalui link Senkom Information Center [SIC] di  http://files.appsgeyser.com/Berita%20Senkom.apk,.

    Masyarakat juga dapat berperan serta mengirimkan berita singkat melalui SMS ke Senkom Information Center [SIC] di 0813-8724-4622. Informasi-informasi yang diperoleh dari masyarakat akan ditampilkan di SIC setelah divalidasi supaya tidak ada informasi yang sifatnya hoax terakses ke publik. Untuk informasi yang sifatnya darurat akan diteruskan ke petugas posko terdekat untuk mendapat penanganan.

    Keterlibatan SENKOM Mitra Polri dalam setiap pengamanan arus mudik ini mengingat pentingnya keamanan, keselamatan dan kenyamanan para pemudik yang ingin bersilaturrahmi ke sanak-saudaranya di kampung halaman.

    Ketua Umum Senkom Mitra Polri, H. Muhamad Sirot menerangkan, pada tahun 2013 lalu, jumlah pemudik mencapai sekitar 25,6 juta orang dengan angka kecelakaan secara keseluruhan mencapai 4000 frekuensi di seluruh Indonesia terutama yang tersebar di Jawa dan Sumatera. Sekitar 71% dari kecelakaan itu adalah pemudik yang menggunakan sepeda motor roda dua. Pemudik tahun ini diperkirakan meningkat mencapai 27 juta orang lebih. [L/rilis]
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: Amankan Lebaran, Senkom Mitra Polri Siagakan Anggota di 695 Titik Rating: 5 Reviewed By: Redaksi 2.0
    Scroll to Top