Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Rute Pendukung ISIS dari Indonesia Menuju Suriah

| 13 Agustus WIB |
LUGAS | Jakarta - Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Hubungan Masyarakat Kepolisian RI Brigadir Jenderal Boy Rafli Amar mengatakan warga negara Indonesia yang berangkat ke Suriah dan Irak untuk mendukung milisi Islamic State of Iraq and al-Sham (ISIS)—belakangan menjadi Islamic State (IS)—tidak langsung terbang dari Indonesia. "Biasanya mereka bergerak dari Indonesia ke Malaysia, Turki, lalu menuju Irak dan Suriah," kata dia, kepada wartawan media ini, Senin, 11 Agustus.

Kepolisian, tutur Boy, mendapat laporan bahwa ada beberapa mahasiswa Indonesia di Timur Tengah yang terlibat dan berperang bersama ISIS. Kepolisian telah menerima informasi ada sekitar 50 orang Indonesia berangkat ke Suriah dan berbaiat kepada ISIS.

Polisi, ujar Boy, terus memperkuat koordinasi dengan Kementerian Luar Negeri dan mengimbau warga Indonesia agar tak menjadi pengikut ISIS.

Juru bicara Markas Besar Polri Inspektur Jenderal Ronny Franky Sompie mengatakan pengamanan di Suriah longgar karena negaranya sedang kacau dan dilanda konflik. Menurut dia, orang bisa masuk ke Suriah dari berbagai arah. Orang Indonesia, kata Ronny, bisa saja melewati Malaysia dan Thailand untuk diberi paspor palsu menuju Suriah.

Pengamat anti-terorisme dari Yayasan Prasasti Perdamaian, Taufik Andrie, mengatakan orang Indonesia berangkat ke Suriah dengan biaya masing-masing. Menurut dia, ada orang yang berangkat dengan paspor legal dari Jakarta menuju Turki. "Dari Turki menggunakan jalur darat ke Suriah," tutur dia.

Direktur Perlindungan WNI Kementerian Luar Negeri Tatang Budi Utama Razak mengimbau warga negara Indonesia agar menangguhkan kunjungan mereka ke negara konflik, seperti Libya, Suriah, Irak, dan Afganistan.

[tempo]

PROMO PAKET UMRAH

TIKET KAI NATAL/TAHUN BARU 2024

×
Berita Terbaru Update