728x90 AdSpace

  • Latest News

    #IIMS2014 Semangat Positif Industri dan Pemerintah Bagi Industri Otomotif di Indonesia

    LUGAS | Jakarta - Tak terasa setahun berlalu dari pelaksanaan IIMS 2013, dan tepat hari ini (18/9) The 22nd Indonesia International Motor Show (IIMS) 2014 resmi dibuka dan kembali menyapa pecinta otomotif tanah air. Acara pembukaan IIMS 2014 dihadiri oleh Menteri Perdagangan Republik Indonesia, Muhammad Lutfi, yang sekaligus mendapat kehormatan untuk membuka pameran ini secara resmi. IIMS 2014 akan hadir selama sebelas hari mulai 18 – 28 September 2014 di Jakarta International Expo (JIExpo), Kemayoran dan  menempati lahan pamer seluas 83.137 m² atau naik 10% dibandingkan pameran tahun lalu.

    Pada upacara pembukaan, Menteri Perdagangan Republik Indonesia, Muhammad Lutfi, menyatakan bahwa investasi di industri otomotif adalah investasi yang penting karena bisa menciptakan nilai tambah. Ia menyatakan bahwa dirinya telah mendapatkan komitmen dari para pemain industri otomotif global, khususnya Jepang, yang menyatakan komitmen mereka untuk berinvestasi di Indonesia. “Kapasitas produksi Daihatsu, Toyota, Mitsubishi, dan Suzuki di Indonesia rata-rata akan naik dua kali lipat. Mitsubishi bahkan baru saja mengumumkan akan menginvestasikan hampir 1 miliar USD di Indonesia,” ujar Muhammad Lutfi.

    Ia juga menyatakan bahwa Indonesia International Motor Show akan memiliki peran penting di kancah global. Ia meyakini bahwa dalam lima tahun ke depan, IIMS akan menjadi forum penting di tingkat regional dan dalam 10 tahun ke depan IIMS akan menjadi forum penting di tingkat global.

    Dalam kesempatan tersebut, ia juga mengingatkan industri otomotif untuk tidak melupakan industri kecil dan menengah karena mereka akan menjadi penopang utama industri utama otomotif dan suku cadang.

    Sementara itu, Ketua Umum Gaikindo, Sudirman MR, yang mendampingi Muhammad Lutfi dalam acara pembukaan memaparkan lebih jauh keberhasilan industri otomotif Indonesia. Sepanjang 2013 angka produksi mobil tercatat mencapai 1.206.543 unit, sedangkan pada tahun 2014 jumlah merek yang diproduksi di Indonesia pada tahun ini tercatat 16 merek, dan sampai dengan bulan Agustus angka produksi mobil telah mencapai 878 ribu unit, naik lebih dari 14% dibandingkan produksi mobil pada periode yang sama tahun lalu. Ia memperkirakan bahwa sampai dengan akhir tahun, produksi mobil di Indonesia bisa mencapai angka 1,4 juta unit.

    Penjualan mobil di Indonesia juga mencerminkan peningkatan positif, dimana penjualan dalam negeri  selama 7 tahun terakhir hingga tahun 2013 mengalami pertumbuhan rata-rata  sebesar 23,4%, hingga akhir 2013, tercatat penjualan sebesar 1.229.811 unit sedang pada periode Januari hingga Agustus 2014 penjualan mobil tercatat mencapai 830 ribu unit, mencatatkan kenaikan lebih dari 4,8% dibandingkan angka penjualan di periode yang sama tahun 2013.

    Keberhasilan putra-putri Indonesia dalam mengembangkan teknologi otomotif terkini, yang sekaligus memberikan motivasi kepada generasi penerus untuk terus mengembangkan industri otomotif dalam negeri, juga menjadi sesuatu yang bisa dibanggakan dari industri otomotif Indonesia.

    Penggunaan komponen lokal dalam industri otomotif Indonesia terus meningkat. Hingga saat ini penggunaannya sudah mencapai 85%. Saat ini komponen-komponen kunci di dalam mobil seperti bodi, engine, transmisi, steering dan rem sudah bisa dibuat di Indonesia. Diharapkan dalam beberapa tahun ke depan penggunaan kandungan lokal akan terus meningkat.

    Ia menambahkan bahwa IIMS 2014, sebagai pameran otomotif terbesar di Indonesia, memiliki beberapa tujuan utama yaitu untuk memberikan informasi mengenai industri otomotif nasional dan global serta industri pendukungnya; memberikan informasi bahwa Indonesia merupakan pasar produk otomotif yang potensial sehingga menarik bagi investor di bidang otomotif serta dukungan kebijakan pemerintah; memberikan sarana komunikasi tentang perkembangan teknologi dan inovasi-inovasi mutakhir; menyediakan alat promosi bagi produsen kendaraan bermotor dan industri pendukungnya dalam rangka meningkatkan penjualan baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang; serta memberikan informasi tentang perkembangan teknologi otomotif terkini.

    Selain itu, salah satu program IIMS 2014 yang mendapatkan perhatian penuh dari GAIKINDO adalah konferensi tahunan The 9th Indonesia International Automotive Conference (IIAC). Berlangsung pada tanggal 25 September 2014,  konferensi yang akan dihadiri oleh para pembicara tingkat atas baik dari dalam negeri maupun pembicara dari luar negeri ini, yang akan membahas tentang prospek ekonomi dan industri otomotif Indonesia, serta kebijakan pemerintah untuk  industri otomotif. Pameran dan konferensi kali ini diharapkan dapat memberikan informasi bahwa Indonesia merupakan pasar produk otomotif yang potensial, dan membuktikan kompetensi Indonesia untuk bersanding dengan negara Asia lainnya. Selain itu, dengan dukungan kebijakan pemerintah, industri otomotif Indonesia akan semakin sehingga menarik bagi  para investor dibidang otomotif.

    Harapan dan optimisme IIMS untuk menjadi barometer industri otomotif dalam negeri semakin besar dengan dukungan positif para APM (Agen Pemegang Merek). Tahun ini tercatat 36 merek anggota GAIKINDO serta 286 industri pendukung kembali berpartisipasi dalam IIMS 2014. Mereka akan menunjukkan pencapaiannya dalam teknologi otomotif, serta membuktikan bahwa Indonesia sudah memenuhi syarat untuk menjadi salah satu benchmark industri otomotif di Asia. Dari 36 merek yang tampil di IIMS, terdapat 29 kendaraan penumpang (passanger cars) yakni  Alfa Romeo, Audi, BMW, MINI, Chevrolet, Daihatsu, Datsun, Ford, Jeep, Chrysler, Dodge, FIAT, Jaguar, Land Rover, Mercedes-Benz, Smart, Renault, Hyundai, Honda, KIA, Mazda, Mitsubishi Motors, Nissan, Infiniti, Suzuki, Subaru, Toyota, Tata Motors, VW; dan 7 merek kendaraan komersial (commercial vehicles) yang terdiri dari FAW, Hino, Isuzu, Mitsubishi FUSO, Tata Motors, Toyota Dyna, UD Trucks. 


    Press & VIP Day
    Selain acara pembukaan resmi, hari ini pameran IIMS menggelar Press & VIP Day dimana kesempatan untuk menikmati berbagai kendaraan berikut teknologi mereka diberikan hanya kepada media massa baik nasional maupun internasional serta undangan khusus. Hal ini dilakukan untuk memberikan keleluasaan kepada media massa untuk mendapat informasi eksklusif dari masing-masing APM. Pada hari ini juga seluruh APM peserta IIMS 2014 masing-masing menggelar Press Conference secara simultan mulai pukul 12 siang hingga selesai di seluruh hall pameran.

    Pameran IIMS tahun ini juga kembali mendapatkan dukungan penuh dari Pertamina. Kesamaan komitmen dan dukungan terhadap teknologi ramah lingkungan yang secara konsisten diusung IIMS meyakinkan Pertamina menjadi sponsor utama IIMS 2014. Sebagai bagian yang tidak dapat terpisahkan dalam industri otomotif, Pertamina berharap dapat memperkuat kedekatan dengan konsumennya lewat IIMS 2014.

    Tahun lalu, total pengunjung pameran IIMS tercatat mencapai 373.661 pengunjung, naik dari tahun sebelumnya yang mencapai 368.790 pengunjung. Dengan berbagai peningkatan dari berbagai sisi  serta berbagai fasilitas yang menjamin kenyamanan pengunjung, panitia IIMS 2014 meyakini selama 11 hari pameran tetap akan menarik pengunjung .

    [rilis]
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: #IIMS2014 Semangat Positif Industri dan Pemerintah Bagi Industri Otomotif di Indonesia Rating: 5 Reviewed By: Redaksi 2.0
    Scroll to Top