Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Raja Arab Saudi Meninggal, Harga Minyak Dunia Melonjak

| 23 Januari WIB |
LUGAS | Jakarta - Harga minyak mentah melonjak setelah meninggalnya Raja Arab Saudi Abdullah bin Abdulaziz, Jumat (23/1/2015) pagi.

Harga minyak jenis West Texas Intermediate (WTI) untuk pengiriman Maret di New York melejit 3,1 persen, sesaat setelah pengumuman kematian Abdullah.

Sementara pada awal perdagangan di pasar Asia WTI naik 0,93 dollar AS atau 2,01 persen menjadi 47,24 dollar AS per barrel. Sedangkan jenis Brent pengiriman Maret tidak berubah pada 49 dollar AS.

Berdasarkan pengumuman kerajaan Arab Saudi, Raja Abdullah bin Abdulaziz meninggal pada Jumat, dan akan diganti adiknya oleh Putra Mahkota Pangeran Salman.

Arab merupakan anggota Organisasi Negara Pengekspor Minyak (OPEC) yang bersikeras untuk tidak memangkas produksi meskipun harga emas hitam ini terus melorot. Negara padang pasir ini menolak usulan anggota OPEC lainnya agar mengurangi gelontoran minyak ke pasar dunia.

Harga minyak telah anjlok lebih dari setengahnya sejak Juni 2014, saat masih di atas level 100 dollar AS per barrel, seiring dengan banjirnya pasokan dan melemahnya permintaan global.

[afp/kcm]

PROMO PAKET UMRAH

TIKET KAI NATAL/TAHUN BARU 2024

×
Berita Terbaru Update