728x90 AdSpace

  • Latest News

    Bocor, Surat Menteri ESDM Soal Perpanjangan KK Freeport

    LUGAS | Jakarta - Surat Menteri ESDM Sudirman Said ke petinggi PT. Freeport Indonesia bocor. Surat tersebut terungkap di media massa pada tanggal 7 Oktober 2015 dengan nomor 7522/13/MEM/2015. 

    Berikut isi surat Menteri ESDM soal perpanjangan operasional Kontrak Karya (KK) Freeport:

    Yang terhormat,
    Sdr James R. Moffet
    Chairman of the Board Freeport McMoran Inc

    Terima kasih atas surat saudara tanggal 7 Oktober 2015. Sehubungan dengan surat tersebut dapat kami sampaikan hal-hal sebagai berikut:

    1. Sambil melanjutkan proses penyelesaian aspek legal dan regulasi, pada dasarnya PT Freeport Indonesia dapat terus melanjutkan kegiatan operasinya sesuai dengan kontrak karya hingga 30 Desember 2021.

    2. Pemerintah telah menerima permohonan perpanjangan operasi PT Freeport Indonesia melalui surat tertanggal 9 Juli 2015, sebagaimana kami sampaikan melalui surat tanggapan nomor 6665/05/MEM/2015 tanggal 11 September 2015.

    3. Pemerintah Indonesia akan menyelesaikan penataan ulang regulasi bidang mineral dan batubara agar lebih sesuai dengan semangat menarik investasi bidang sumber daya alam di Indonesia. PT Freeport Indonesia dapat segera mengajukan permohonan perpanjangan operasi pertambangan, setelah diimplementasikannya penataan peraturan perundang-undangan. Lebih lanjut dipahami bahwa persetujuan atas permohonan tersebut nantinya akan memberikan kepastian dalam aspek keuangan dan hukum yang sejalan dengan isi kontrak yang saat ini berlaku.

    4. Dapat ditegaskan bahwa terkait permohonan perpanjangan kontrak PTFI, kami memahami bahwa Pemerintah Indonesia dan PTFI telah berdiskusi dan menyepakati seluruh aspek dalam Naskah Kesepakatan Kerjasama yang ditandatangani pada 25 Juli 2014.

    Pemerintah Indonesia juga berkomitmen untuk memastikan keberlanjutan investasi asing di Indonesia, namun karena perlunya penyesuaian peraturan yang berlaku di Indonesia maka persetujuan perpanjangan kontrak PTFI akan diberikan segera setelah hasil penataan peraturan dan perundangan di bidang mineral dan batubara diimplementasikan. Sebagai konsekuensi atas persetujuan tersebut, PTFI berkomitmen untuk menginvestasikan dana sebesar tambahan 18 miliar Dollar Amerika untuk kegiatan operasi PTFI selanjutnya.

    Atas perhatian Saudara, kami ucapkan terima kasih.

    Atas bocoran surat tersebut, publik kini tahu yang tersirat dari isi surat diatas yakni mengenai perpanjangan KK Freeport. Di satu sisi pemerintah mengatakan tidak akan memperpanjang KK Freeport. Lantas, Bagaimana nasib Setya Novanto yang jadi obyek dalam operasi intelijen ini dan "kena motif"? Kita tunggu babak selanjutnya.

    [L]
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: Bocor, Surat Menteri ESDM Soal Perpanjangan KK Freeport Rating: 5 Reviewed By: Redaksi 2.0
    Scroll to Top