728x90 AdSpace

  • Latest News

    Gempa Bumi Nias Utara Dipicu Subduksi Megathrust

    LUGAS | NIAS - Hari Rabu (13/7/2016), gempabumi tektonik mengguncang wilayah Nias Utara. Hasil analisis BMKG menunjukkan bahwa gempabumi ini terjadi pada pukul 16.26.22 WIB dengan kekuatan 4,3 Skala Richter. Episenter gempabumi terletak pada koordinat 1,39 LU dan 96,95 BT, tepatnya di laut pada jarak 24 kilometer arah barat Lahewa, Nias Utara pada kedalaman hiposenter 24 kilometer.

    Berdasarkan analisis peta guncangan (shakemap) BMKG, tampak bahwa secara umum gempabumi ini dirasakan dalam skala intensitas I SIG BMKG (II-III MMI) di wilayah Nias Utara, seperti Lahewa, Hiligeo, Ambugha, Faighunago, Teolo, Afulu, dan Lauru. Di daerah tersebut guncangan gempabumi dirasakan oleh beberapa orang dan tidak menimbulkan kerusakan.

    Hasil analisis BMKG menunjukkan bahwa gempabumi yang terjadi merupakan gempabumi dangkal akibat aktivitas subduksi lempeng di zona megathrust. Zona megathrust merupakan lajur penunjaman lempeng yang masih landai sehingga dapat memicu terjadinya gempabumi dangkal dengan mekanisme sesar naik.

    Aktivitas gempabumi di zona ini jika kekuatannya sangat besar dapat berpotensi menimbulkan tsunami. "Kita patut bersyukur karena gempa bumi Nias Utara ini kekuatannya relatif kecil sehingga tidak berpotensi  tsunami," terang Daryono, Kepala Bidang Mitigasi Gempabumi dan Tsunami BMKG.

    Hingga malam ini belum terjadi gempabumi susulan, untuk itu masyarakat dihimbau agar tetap tenang karena gempanbumi ini tidak merusak. Khusus masyarakat di pesisir Nias barat dan utara, dihimbau agar tidak terpancing isu yang tidak bertanggungjawab karena gempabumi ini tidak berpotensi tsunami.

    Share !
    Telegram.me/tabloidlugas
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: Gempa Bumi Nias Utara Dipicu Subduksi Megathrust Rating: 5 Reviewed By: REDAKSI LUGAS
    Scroll to Top