Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Yahoo Diakuisisi Verizon Senilai Rp 65 Trilyun

| 27 Juli WIB |
LUGAS | Yahoo diakuisisi Verizon.Tragisnya Yahoo hanya diakusisi  dengan nilai 65 Triliun. Jauh dari penawaran  tahun 2000 yang mencapai nilai 1300 Triliun. Bahkan Microsoft pernah menawar dengan harga 650 Triliun. Hingga akhirnya dilepas ke Verizon dengan harga 65 Triliun.

Kisah kejatuhan Yahoo adalah kisah kelam tentang innovator dilemma - ketika jaya terbuai, malas atau lupa bernovasi.

Yahoo pernah ditawari membeli Google di tahun 2002 dengan harga 13 Triliun. Tapi Yahoo menolak dengan alasan terlalu mahal. Kini,  nilai Google telah mencapai 8000 Triliun.

Dengan akuisisi ini, Verizon mengambil alih operasi bisnis utama Yahoo, dengan tetap mempertahankan  Marissa Mayer sebagai CEO. Ia akan mengawal proses transisi bisnis Yahoo ke Verizon dan bekerja sama dengan AOL sebagai perusahaan yang juga berada di bawah naungan Verizon.

Prioritas utama Mayer dalam waktu dekat ada dua, yakni mengawasi penutupan transaksi Yahoo sebagai perusahaan tunggal dan melindungi nilai saham ekuitas Yahoo.

Diketahui, Yahoo punya saham 15 persen di ritel raksasa China, Alibaba, yang bernilai 32 miliar dollar AS atau sekitar Rp 421 triliun. Selain itu, Yahoo juga masih punya saham pada Yahoo Jepang sebanyak 36 persen atau 8 miliar dollar AS (Rp 105 triliun).

Ketika transaksi ditutup pada kuartal pertama 2017, brand Yahoo akan sepenuhnya menjadi milik Verizon. Belum jelas apakah nama Yahoo bakal dipertahankan atau diganti.

CEO AOL Tim Amstrong mengindikasikan nama Yahoo akan tetap dipertahankan oleh Verizon. AOL sendiri diakuisisi Verizon pada Mei 2015 dengan nilai 4,4 miliar dollar AS atau setara Rp 57 triliun.

Amstrong juga mengatakan kehadiran Mayer sangat berarti bagi Yahoo di bawah naungan Verizon. Armstong sendiri ke depannya bakal bekerja sama banyak dengan Mayer.

"Ekspektasi saya adalah Mayer tetap memimpin Yahoo. Saya sudah kenal dia selama 20 tahun. Kami adalah teman, jadi saya berharap bisa bekerja sama dengan dia lebih intens," Amstrong menuturkan.

Armstrong dan Mayer adalah kolega di Google. Mayer masuk pada 1999 dan Armstrong pada 2000. Meski kemudian keduanya menjadi veteran sang raksasa mesin pencari, Armstrong dan Mayer tetap berteman baik.

"Armstrong dan saya adalah teman lama. Saya sangat menghargai dia dan berharap bisa membuat sesuatu bersama-sama," kata Mayer.

Mayer menjabat sebagai CEO Yahoo sejak Juli 2012 ketika kondisi bisnis Yahoo mulai terseok-seok.

CEO Verizon Lowell McAdam, berharap Yahoo bisa membuat Verizon lebih kompetitif sebagai perusahaan media mobile di dunia, serta mendorong pendapatan dari iklan digital sebagaimana harapan Mayer yang ingin terjadi percepatan pertumbuhan bisnis mobile, video, native advertising, dan sosial Yahoo.


Public Channel:
telegram.me/tabloidlugas

PROMO PAKET UMRAH

TIKET KAI NATAL/TAHUN BARU 2024

×
Berita Terbaru Update