• Latest News

    Padang Pasir di Yogyakarta

    Pembuatan Video Klip Veronicha di Padang Pasir, Yogyakarta
    LUGAS | Yogyakarta – Tahukah anda di Yogyakarta - Jawa Tengah ada Padang pasir, tempat yang cocok untuk selfie, foto/video prewedding bahkan untuk membuat video Klip. Seperti yang dilakukan Veronicha warga Magelang dalam membuat video Cover milik Virgound, yang berjudul Surat Cinta Untuk Starla, yang salah satu lokasi shootingnya di padang pasir Yogyakarta.

    “saya kalau di pantai dengan deburan ombak, angin khas pantai membuat hati ini tentram, ditambah lagi tidak jauh dari pasir-pasir ini ada lokasi landasan pacu aeromodeling yang eksotik, jika untuk video klip.” Ujar Vero disela-sela pembuatan video klip.

    Padang pasir tersebut berada di sepanjang muara Sungai Opak hingga Pantai Parangtritis, Depok. Namun sebenarnya padang pasir itu adalah sebutan saja.

    Tempat ini bernama Gumuk Pasir Parangkusumo. Gumuk dalam Bahasa jawa merupakan gundukan atau tumpukan. Jadi Gumuk Pasir disini dimaksudkan dengan tumpukan atau gundukan pasir.

    Proses terjadinya gurun pasir ini tidak lepas karena adanya Gunung Merapi, Gunung Merbabu, Kali Opak, Kali Progo dan Pantai Parangtritis. Gundukan pasir yang mengumpul merupakan material yang berasal dari abu vulkanik gunung yang terbawa aliran Sungai Opak, Sungai Progo dan sungai-sungai lainnya hingga akhirnya sampai ke Pantai Parangtritis. Material vulkanik terombang-ambing ombak hingga akhirnya terkikis dan berubah menjadi debu-debu halus dan tertiup angin. Karena proses yang secara terus-menerus tersebutlah hingga terbentuk gundukan pasir yang terkumpul di daratan sepanjang pantai Parangtritis dan Pantai Depok.

    Semoga Gumuk Pasir Parangkusumo bisa masuk dalam daftar Unesco World Heritage, karena merupakan fenomena alam yang tidak biasa dan hanya ditemukan satu-satunya di Asia Tenggara.  Memiliki luas sekitar 2 km dari muara Pantai Parangtritis dan Pantai Depok menjadikan Gumuk Pasir objek yang indah bagi para fotografer.

    Gumuk Pasir Parangkusumo memiliki suhu yang cukup ekstrim, dimana ketika siang suhu sangat panas dan terik namun ketika malam hari suhu berubah menjadi sangat dingin.

    Karena letaknya yang tidak jauh dari Pantai Parangtritis dan Pantai Depok, wisata Gumuk Pasir Parangkusumo memiliki fasilitas yang cukup lengkap. Mulai dari toilet, tempat parkir, pos penjagaan, klinik kesehatan, tempat beribadah, toko souvenir dan warung makan
    yang serba Seafood (hewan laut).

    Namun perlu menjadi catatan sebaiknya gunakan topi ketika siang hari, karena udara sangat menyengat layaknya di padang pasir. Tidak lupa kacamata untuk melindungi mata dari tebaran pasir yang dihembuskan oleh angin.

    Untuk mendapatkan suasana yang nyaman dan pemandangan yang memukau, datanglah pada waktu petang atau sore hari. Dimana anda dapat mengabadikan foto dengan berlatarbelakang sunset dan pasir yang menawan. (ish)
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: Padang Pasir di Yogyakarta Rating: 5 Reviewed By: Info 313
    Scroll to Top