Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Tangkal Hoax, Sejumlah Humas Majelis Taklim Ikuti Diklat Jurnalistik

| 25 Februari WIB |
LUGAS | Jakarta - Maraknya berita berita hoax (berita bohong)  di era digital ini  tak ditampik sering menimbulkan keresahan di masyarakat, bahkan tak jarang berujung pada konflik. Untuk itu masyarakat  dihimbau agar selalu menyaring berbagai informasi yang ada, dan tidak mudah terprovokasi dengan informasi-informasi yang tidak jelas nara sumbernya.

Menyikapi tentang fenomena hoax ini,  Lembaga dakwah Islam Indonesia wilayah Jakarta Selatan menggelar pelatihan dasar jurnalistik bagi para pengurus tingkat PC (Pimpinan Cabang) dan PAC (Pimpinan Anak Cabang)  serta para humas majelis taklim di wilayah ini, dengan menggandeng lembaga kewartawanan PWI (Persatuan Wartawan Indonesia) Jakarta Selatan, Sabtu (24/2) di Jagakarsa, Jaksel.  

Kegiatan diklat ini disambut baik oleh Kepala Suku Dinas Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kota Jakarta Selatan yang diwakili oleh DR. Dumiri sekaligus membuka acaranya.

Salah satu penyaji materi yang ada disampaikan oleh Ketua PWI Jakarta Selatan, Pangi Simatupang  tentang  cara menangkal berita hoax agar tidak tergiring opini sesat, selain itu peserta juga dibekali cara membuat berita dengan baik berdasarkan kaidah jurnalis dan juga cara mengambil gambar guna kelengkapan artikel berita.

Ketua DPD Lembaga Dakwah Islam Indonesia Jakarta Selatan, Noor Rachmat mengungkapkan bahwa agenda seperti ini bertujuan untuk mengedukasi para pengurus agar bisa dan terbiasa menyampaikan informasi berdasarkan fakta yang ada dengan mengemasnya secara informatif berdasarkan kaidah jurnalistik dasar yaitu 5W + 1 H ( what, where,why, who, when) dan how.

Melalui pembekalan kepada para peserta terutama pengurus Lembaga Dakwah Islam Indonesia, diharapkan pemberitaan negatif terkait organisasi ini dapat dianulir. [*]
sumber

PROMO PAKET UMRAH

TIKET KAI NATAL/TAHUN BARU 2024

×
Berita Terbaru Update