• Latest News

    Ini Alamat Pelaporan Konten Terorisme di Medsos dan Himbauan Tak Sebar Konten Negatif

    gambar: twitter.com/aduankonten
    LUGAS | Jakarta - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mengimbau seluruh masyarakat tidak menyebarluaskan konten negatif yang berkaitan dengan aksi terorisme. Sebagimana dirilis dari Siaran Pers Kominfo No. 109/HM/Kominfo/05/2018, tanggal 13 Mei 2018 tentang Imbauan Menkominfo agar masyarakat tak sebar konten negatif aksi terorisme dalam bentuk  foto, gambar dan video teror.

    Menkominfo menghimbau masyarakat agar:  
    1. Tidak menyebarluaskan atau memviralkan konten baik dalam bentuk foto, gambar, atau video korban aksi terorisme di media apapun.
    2. Memperhatikan dampak penyebaran konten berupa foto, gambar atau video yang dapat memberi oksigen bagi tujuan aksi terorisme, yaitu membuat ketakutan di masyarakat. 

    Selain itu Kominfo juga berharap adanya partispasi masyarakat dalam ikut serta memberikan laporan aduan konten-konten negatif yang ada di media sosial. Kominfo menerima laporan konten-konten negatif di media sosial yang meliputi hoax, radikal/terorisme, pornografi, ujaran kebencian/SARA, perjudian, narkoba, penipuan, pishing/malware, kekerasan, sampai pelanggaran HAKI.


    Aduan Konten adalah fasilitas konten negatif, misalnya berupa situs/website, URL, akun media sosial, aplikasi mobile, dan software yang memenuhi kriteria sebagai Informasi dan/atau dokumen elektronik bermuatan negatif sesuai peraturan perundang-undangan. Masyarakat bisa membuat laporan aduan negatif dengan cara screen capture/URL konten negatif di media sosial tersebut, lalu kirim ke situs aduankonten.id, ataupun email aduankonten@mail.kominfo.go.id dan whatsapp nomor 081-1922-4545. "Aduan yang telah dikirimkan akan segera diproses setelah melalui verifikasi. Kerahasiaan pelapor dijamin," begitu bunyi informasi soal pelaporan konten negatif ini.


    (LUGAS/PJD)
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: Ini Alamat Pelaporan Konten Terorisme di Medsos dan Himbauan Tak Sebar Konten Negatif Rating: 5 Reviewed By: Jack Sammy
    Scroll to Top