• Latest News

    Sejumlah Komunitas Yahudi Salurkan Bantuan untuk Korban Gempa Palu-Donggala


    LUGAS | Jakarta - Bencana gempa dan tsunami yang melanda Palu-Donggala membangkitkan solidaritas kemanusiaan berbagai organisasi komunitas Yahudi dunia. Mereka pun melakukan penggalangan dan penyaluran bantuan serta mengirimkan relawan.

    Salah satunya adalah World Jewish Relief (WJR) yang berbasis di Inggris, membuka penggalangan dana melalui situs web WJR

    "Bantuan segera dari Anda semua seperti tenda, makanan, air bersih, peralatan medis, dan sanitasi bisa membantu kami menyediakan pertolongan segera bagi mereka." demikian tulis WJR di webnya pada 29 September 2018.

    Sementara itu, IsraAid, yang merupakan organisasi non-pemerintah di Israel, telah mengirim tim kecil berisikan lima pekerja ke Indonesia.

    Hingga saat ini IsraAid  terus melakukan analisis bantuan jangka panjang yang dapat diberikan bagi para korban di Palu dan Donggala.

    Komunitas Yahudi di Amerika pun tak mau ketinggalan. Komite Distribusi Gabungan Komunitas Yahudi Amerika (JDC) juga telah mengirim sejumlah bantuan medis seperti terpal, kasur, selimut, generator listrik, air, dan beberapa pasokan makanan, yang disalurkan melalui mitra lokal JDC di Indonesia.

    JDC menyatakan pihaknya juga telah mengirim sebuah tim ke lapangan termasuk ahli psikologis, medis, dan sejumlah relawan. JDC sudah berkontribusi membantu Indonesia dalam penanggulangan bencana sejak tsunami di Aceh 2004.

    Perwakilan JDC Indonesia selama ini juga terlibat dalam penelitian mengenai penanganan korban bencana terutama kelompok rentan seperti perempuan, anak-anak, dan orang tua bersama sejumlah organisasi lokal. 

    "Kami prihatin pada warga Indonesia yang telah menderita akibat dua bencana tragis dalam beberapa bulan terakhir yang menjadikan mereka membutuhkan bantuan segera untuk mempersiapkan mereka menghadapi krisis selanjutnya," ucap CEO JDC, David M Schizer.


    Donasi WJR
    Klik WJRelief


    [cnn/wjr/jp]
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: Sejumlah Komunitas Yahudi Salurkan Bantuan untuk Korban Gempa Palu-Donggala Rating: 5 Reviewed By: Redaksi 2.0
    Scroll to Top