• Latest News

    3 Program Kartu Jokowi, Produk Lama Kemasan Baru?

    LUGAS | Riau - Program Kartu Sakti yang ditawarkan dalam kampanye Capres Petahana Joko Widodo, menjadi bahasan menarik netizen. Menjadi penting karena ternyata merupakan program lama pemerintah, hanya saja direncanakan akan diterbitkan kartunya. Redaksi merangkum dalam uraian dibawah ini.

    Pertama, KSM atau Kartu Sembako Murah sudah ada dengan nama kartu Renstra pada masa pemerintahan SBY-JK yang disalurkan sebagai Bantuan Langsung Tunai (BLT). Di Jakarta, program serupa termasuk dalam PPB (Program Pangan Bersubsidi) bagi pemegang KJP, PJLP (PP|SU, PHL, dll), penghuni rusun, penyandang disabilitas, lansia dan buruh UMP.

    Kedua, KIP Kuliah, diinisiasi oleh Presiden Soeharto dalam program beasiswa melalui jalur prestasi, yaitu Beasiswa Supersemar, kemudian pada era pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) program serupa dibuat dalam Bidik Misi dengan sasaran calon mahasiswa berprestasi dari keluarga tidak mampu. bantuan berupa kuliah gratis dan uang saku minimal Rp20.000/hari.

    Ketiga, Kartu Pra Kerja yang diiklankan diawal peluncurannya diiklankan bahwa siswa yang baru tamat sekolah akan digaji atau langsung kerja, baru kemudian ada penjelasan bahwa itu merupakan program pelatihan / vokasi, sebagaimana telah dilakukan dinas-dinas perindustrian dan perdagangan melalui program BLK (Balai Latihan Kerja).

    Lantas, apa yang baru? Ialah penerbitan fisik kartunya. Jika sebelumnya berdasar data Kartu Keluarga atau NIK/KTP, sekarang setiap program dibuat kartunya.

    Sebelumnya, proyek pembuatan kartu telah menjerat Setya Novanto CS, dan masih banyak yang tertarik dengan proyek ini lantaran keuntungannya yang menggiurkan. [fb]
    Next
    This is the most recent post.
    Posting Lama
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: 3 Program Kartu Jokowi, Produk Lama Kemasan Baru? Rating: 5 Reviewed By: Redaksi
    Scroll to Top